Lupa Matikan Api Tungku, Sijago Merah Lahap Rumah Warga di Sutera

629

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Diduga lupa mematikan api tungku kayu usai memasak di dapur, si jago merah lahap rumah milik Safril (50) dan Edrisalni (43), warga Kayu Gadang Tangah – Nagari Koto Nan Tigo Utara, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kebakaran kali itu terjadi, Selasa (19/2/2020) pukul 13.30 Wib. Saat pemilik rumah Edrisalni, usai memasak di dapur miliknya. Tiupan angin cukup kencang, membuat percikan api cepat membesar, dan menyambar atap rumah, yang berbahan kayu dan sang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pessel, Dailipal ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian kebakaran yang terjadi di daerah Gadang Tangah, Nagari Koto Nan Tigo Utara, Kecamatan Sutera.

” Dugaan sementara api disebabkan akibat pemilik rumah lupa mematikan api tungku kayu usai memasak di dapur,” terang Dailipal.

Diterangkan Kasat Pol PP dan Damkar, mendapatkan informasi warga maka tim regu Pos Damkar Kambang sampai dilokasi (20 km) sekitar pukul 16.00 wib dan lansung melakukan penyiraman dan pendinginan.

Namun karena rata – rata bangunan terbuat dari kayu dan seng, dan bahan muda terbakar, serta ditambah tiupan angin membuat kobaran api cepat membesar. Hingga menghanguskan hampir seluruh bangunan rumah.

” Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut, kerugian di perkirakan kerugian materil diperkirakan sekitar Rp.15 juta,” tekuk Dailipal.

Ditambahkan dirinya, saat kebakaran pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri keluar rumah. Namun, beberapa barang didalam rumah tidak bisa diselamatkan.(R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here