Usai Panen, Warga Nagari Aie Angek Sijunjung Bakawua Adat

1198

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Masyarakat Nagari Aia Angek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung menggelar Bakawua Adat di tempat perkaulan, Jorong Kapalo Koto pada Minggu (2/2/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati H. Yuswir Arifin, Anggota DPRD Desriwan, Ketua LKAAM, Epi Radisman Dt pdk Alam,SH, Kepala OPD, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Aprisal, M.Si, Kabag Perekonomian, Suhril, Sekcam Sijunjung, Khairuddin, Forkopincam, Niniak Mamak, Cadiak Pandai dan Tokoh Masyarakat Nagari Aia Angek.

Ketua KAN, Siman Katib Datuak Kayo pada kesempatan itu menyebutkan, bakawua adat yang dilaksanakan ini merupakan tradisi adat yang rutin diadakan setiap tahunnya setelah panen padi atau akan memulai turun kesawah.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas hasil panen padi yang diperoleh, baik panen tahun lalu maupun untuk turun ke sawah ditahun ini dan berharap pada panen tahun depan hasilnya melimpah,”ucapnya.

Sementara Wali Nagari Aia Angek, Asrial dikesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sijunjung beserta rombongan yang telah hadir pada acara bakawua adat ini.

“Kami berharap dengan kehadiran Bupati dan anggota DPRD beserta rombongan ini akan berdampak baik bagi kemajuan daerah kami aia angek ini kedepannya, baik perekonomian, maupun di bidang pariwisata di daerah kami ini,”harapnya.

Bupati Yuswir Arifin dikesempatan itu mengucapkan terima kasih atas undangan bakawua adat dari masyarakat Nagari Aia Angek.

Ia berharap kedepannya aia angek akan lebih maju lagi, tidak hanya dari perekonomian, tetapi juga pariwisatanya.

“Kami berharap kedepannya Nagari Aia Angek ini akan lebih dikenal lagi terutama melalui pariwisatanya, kita sama mengetahui bahwa dahulu orang sangat mengenal daerah ini dengan Aia Angek dan ngalau loguangnya, dan kedepannya kita akan sama sama memperbaiki ini kembali. Oleh karena itu, kami dan rombongan sebelum acara dimulai tadi menyempatkan diri meninjau lokasi tersebut, ujar Bupati Yuswir Arifin.andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here