Ketua KAN Baringin Tanah Datar Kukuhkan Empat Penghulu Adat

1318

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Tiga pemangku adat Suku Korong Gadang dan Satu pemangku adat dari Suku Koto Baranjak dikukuhkan Ketua KAN Baringin N. Malin Maradjo sebagai penghulu adat di nagari Baringin, kecamatan Limokaum, Sabtu (14/3/20) di Rumah Suku Korong Gadang Jorong Lantai Batu Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Empat pemangku adat yang dikukuhkan, yaitu, Frof John Hendri Dt. Rangkayo Bungsu (Korong Gadang Lantai Batu), Rahmat Aliyah Andri Dt. Peto Kayo( Korong Gadang Lantai Batu), Afrizal Dt. Gapuang (Korong Gadang Lantai Batu), dan Ramadhani Dt. Lelo Kayo(Koto Baranjak Nagari Baringin).

Pada kesempatan itu, N. Malin Marajo menyebutkan, malewahkan gala atau batagak Penghulu bertujuan memangku adat mengayomi kaum dan sukunya masing-masing.

Dengan selesai pengukuhan, N. Malin Maradjo mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam aktivitas pengukuhan Batagak Gala. Selaku tuan rumah, N Malin Marajo juga mohon maaf kalau ada kesalahan, dan kekeliruan dari kami sebagai tuan rumah.

Sementara wabup Tanah Datar H. Zuldafri Darma mengatakan, pengukuhkan pemangku adat di Nagari Baringin maksudnya kita telah memberi kontribusi untuk mendorong dan mempercepat eksistensi Visi dan Misi di bidang adat.

Jika semua Nagari di Luhak Nan Tuo bisa melakukan pengukuhan penghulu arat, maka kita akan terlepas dari pengaruh-pengaruh negatif, karena Niniak Mamak akan menjadi penerang, dan solusi bagi anak kemenakan, pungkas wabup Zuldafri.

Kegiatan pengukuhan dahadiri Camat Lima Kaum, Kapolsek Lima Kaum Iptu Aditiarman, Danramil Limokaum serma Jufrizal, Wali Nagari Baringin H. Irman Idrus, pemuka masyarakat, perantau, dan undangan lain. habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here