Nikmati Sensasi Wisata Alam Air Terjun Curug Embun Kepahiang yang Mempesona

5508

oleh.Jon Aidi Patopang
PROVINSI Bengkulu tidak kalah dari Provinsi lain kalau bicara mengenai wisata alam, banyak objek wisata alam yang ada di Provinsi Bengkulu. Antara lain, Pantai Panjang, Pantai Tapak Padri, Pantai Linau, Air Terjun Sengkuang, Air terjun Curug Embun, dan lain lain.

Pada kesempatan ini saya mencoba sedikit bercerita mengenai pengalaman saya bersama keluarga ketika saya berwisata ke air terjun Curug Embun.

Sebelum kami berangkat berlibur bersama keluarga kami sudah banyak mendapat informasi tentang lokasi objek wisata di Provinsi Bengkulu dari sekian banyak lokasi objek wisata yang ada di Provinsi Bengkulu kami memilih air terjun Curug embun yang berlokasi di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang.

Sebelum kami menuju ke sana, saya juga mencari tahu informasi perjalanan ke air terjun Curug Embun dari informasi yang didapat dari teman, lama waktu menuju ke air terjun Curug Embun dari Kota Bengkulu di perkirakan satu jam setengah (1,5 jam ) akses jalan menuju kesana jalan aspal. Dengan menperhatikan akses menuju kesana tidak begitu sulit maka tidak memerlukan persiapan khusus untuk kesana, cukup mempersiapkan pakaian ganti jika kita mau mandi dan sedikit cemilan kecil.

Setelah hari liburan tiba kami sekeluarga berangkat berlibur ke air terjun Curug Embun pad jam 6.30 WIB, kami sudah start dari rumah, di perjalanan kami lancar-lancar saja tidak ada menemui kendala yang berarti.

Sekitar satu jam tepatnya jam 7.30 WIB, kami udah sampai di Kota Kepahiang. Kami berhenti sejenak untuk mencari sarapan pagi di rumah makan.

AIR – Wisata Alam Air Terjun yang Mempesona di Kepahiang

Hampir satu jam setengah kami baru selesai sarapan pagi tempatnya 9.00 WIB, udara di kota Kepahiang sudah agak terasa panas. Kami melanjutkan perjalanan lagi ke air terjun, dari kota Kepahing pas pertigaan kota kepahing jika belok ke kiri adalalah arah ke curup dan kami mengarahkan mobil belok ke kanan setelah berjalan lebih kurang tiga kilo meter (3km) kami berbelok arah kiri, jalan sudah mulai agak menyempit maklum jalan kabupaten tapi jalan ber aspal hotmix, jalan agak berliku liku dan menanjak, hampir setengah jam kami sampai di dekat lokasi air terjun Curug Embum lebih tepatnya di desa Tapak Gedung.

Dan kita sudah ditunggu oleh ibuk-ibuk dan anak anak juru parkir, yang halaman rumah mereka di jadikan untuk parkir para pengunjung wisata alam Curug Embun, kemudian kita diarahkan menuju jalan setapak lebih kurang dua ratus meter kita sudah sampai di lokasi air terjun, dengan melewati jalan tanah menurun yang sudah di buat seperti tangga.

Lelah dan capek memang menuruni anak tangga yang agak becek bekas air pakaian pengujung yang basah habis mandi, namun kelelahan kami terbayar sudah. Air terjun Curug Embun benar benar menakjubkan, tidak salah orang memberi nama Curug Embun, memang airnya berembun seperti air yang disiram dari langit, pada jatuhan air terjun sudah ada berbentuk kolam pemandian dan kemudian setelah air kolam mengalir airnya lumayan deras berbatu.
Kami udah nggak sabaran untuk mandi disana, tanpa berlama-lama, kami langsung menuju ke tempat air terjun.

Airnya dingin sekali dan jernih, bersama keluarga kami menikmati untuk berenang dan main air, benar benar tidak bisa di lupa.

Tak terasa hampir tiga jam kami bermain di air terjun Curug Embun sambil berpoto poto kami bersiap siap untuk kembali ke kota Bengkulu, sesampai di parkiran dita cuma membayar Rp5000, cukup harga bersahabat bukan.

Anda ingin menikmati hari libur bersama keluarga berwisata alam yang masih asri yaitu air terjun Curug Embun pilihan yang tepat untuk mandi bermain air dengan keluarga anda, penasaran silakan dicoba. (penulis adalah kontributor jurnalsumbar.com biro Bengkulu)