Ditelantarkan Sopir Travel, IRT Nagari Lalan Sijunjung Ini Diselamatkan Warga dan Polisi Rambatan

4773

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Ella Julia Nengsih, 27 tahun beralamat di Nagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, berhasil diselamatkan warga Jorong Pasir Jaya, Nagari Tigo Koto, dan jajaran Polisi Sektor (Polsek) Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat,—setelah korban sempat — ditelantarkan sopir travel “liar” jurusan Pekanbaru-Riau.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Menurut pengakuan korban, pada Kamis (28/5/2020) malam, korban naik angkutan travel jenis mobil Luxio jurusan Pekanbaru. Sesampai di sekitar Sungai Lansek setelah sopir sempat menurunkan penumpang lalu sopir memutar haluan ke arah Sijunjung alasan keloket.

Tanpa ada pirasat apapun korban menurutin saja. Sekitar pukul 03.00 WIB korban diminta turun dengan alasan agar korban turut membantu sopir tersebut yang mobil ditumpanginya mengaku pecah ban.

“Setelah saya turun mobil itu langsung tancap gas dan seketika saya berteriak histrris minta tolong. Tak beberapa lama kemudian warga berdatangan,”ucap Ella berkisah pada Wakinagari Lalan, Martonis yang menjemput korban di Mapolsek Rambatan pada Jumat (29/5/2020).

Ketua Pemuda Tigo Koto, Zal dan Kepala Jorong Pasir Jaya, Azwar membenarkan kejadian tersebut.

“Alhamdallah kami telah berhasil menyelamatkan penumpang travel yang mengaku warga Lalan Lubuktarok yang ditelantarkan sopirnya di Pasir Jaya,”kata Zal dan Azwar.

Hal yang sama juga dibenarkan Babinkamtibmas Tigo Koto, Rizki. “Kini korban sudah berada di Mapolsek. Korban juga diantar Ketua Pemuda dan Kepala Jorong Pasir Jaya dan warga Tigo Koto ke Mapolsek,”ucap Rizki menjawab awak media.

Bahkan menurut Ipda Syafrizal Kasi Umum Polsek, Rambatan, korban juga telah diberi uang dan makan serta surat jalan.

“Pengakuan korban, tas berikut barang berharga serta surat-surat lainnya dan HP serta uang korban dibawa sopir travel tersebut,”jelas Syafrizal.

Walinagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Martonis dan Seknag Lalan Sabarrudin yang mendapat laporan tersebut langsung bertindak.

“Sebenarnya dia bukan warga Lalan, tapi sempat pernah bersuami warga Lalan dan diketahui juga sudah pisah (cerai-red). Karena ini menyangkut kemanusian maka mau tak mau kita jemput,”ucap Martonis diamini Sabarudin.

Tak banyak pikir, Walinagari Lalan didampingi Kepala Jorong Batang Lalan, Diyon dan awak media pun menjemput korban ke Mapolsek Rambatan. Menempuh perjalanan sekitar dua jam Walinagari Lalan pun tiba di Mapolsek.

Di Mapolsek Walinagari Lalan disambut dengan ramah dan baik oleh jajaran personel Mapolsek Rambatan. Setelah sempat bercerita, korban pun diserahkan pada Walinagari. Bahkan pihak jajaran Polsek Rambatan pun memberi santunan pada korban.

“Kami sangat berterimakasih pada jajaran kepolisian Rambatan khususnya dan umumnya Polres Tanah Datar serta masyarakat Nagari Tigo Koto dan Ketua Pemuda serta kepala jorong yang telah menyelamatkan korban,”ucap Martonis.ius