Lumpuhkan Ekonomi Masyarakat, Wagub Sumbar Dukung Tiga Daerah Tak Lanjutkan PSBB

2580

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. foto.ist

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mendukung permintaan tiga kabupaten kota di Sumbar tidak melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dengan mempertimbangkan faktor ekonomi masyarakat yang lumpuh dan hancur selama PSBB.

Dikatakan Nasrul Abit, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebelumnya mengatakan ada tiga daerah tingkat II yang berkeinginan tidak melanjutkan PSBB. Yakni Bukittinggi, Padangpanjang dan Pesisir Selatan.

Nasrul Abit mengatakan memang pemerintah sudah harus mulai memikirkan tahapan selanjutnya untuk kembali memulihkan kondisi masyarakat dan tidak terus menerus berkutat dengan masalah penanganan Covid-19.

“Sektor ekonomi harus kembali dipulihkan karena masyarakat butuh makan,” ujar Nasrul Abit saat mengunjungi Kota Bukittinggi, pada Rabu, (27/5/2020)

Nasrul Abit menyadari sejak pemerintah fokus menekan angka penularan Covid-19 sektor ekonomi sedikit terabaikan sehingga banyak masyarakat menjerit karena tidak punya penghasilan.

“Kalau ini dibiarkan terus ekonomi akan hancur. Dan masalah sosial akan timbul,” ucap Nasrul Abit seperti dilansir lintassumbar.id.

Mantan bupati Pesisir Selatan itu menilai Kota Bukittinggi sangat memungkinkan untuk tidak melanjutkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan telah terkendalinya corona virus disease (Covid-19) di Kota Wisata tersebut.

“Memungkinkan Bukittinggi untuk keluar dari PSBB. Dan saya lihat Bukittinggi sudah melakukan kajian untuk beberapa sektor,” ujar politisi Partai Gerindra itu.

Nasrul menambahkan Bukittinggi sudah mulai mengancang-ancang kembali membuka pasar, sekolah dan tempat wisata. Untuk membuka tempat-tempat umum tersebut, Pemko Bukittinggi menurut Nasrul sudah melakukan kajian.
Supaya saat aktivitas masyarakat dimulai, sudah dengan skenario normal baru. Yakni aktivitas sehari-hari dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan mengonsumsi makanan bergizi untuk memperkuat imunitas.

Kalaupun Bukittinggi nantinya lepas dari PSBB, Wagub menjamin Pemprov Sumbar tidak akan lepas tangan. Pemprov lanjut Wagub, tetap akan membantu daerah tingkat II untuk menanggulangi bila ada masalah yang akan timbul kemudian. sumber; lintassumbar.id