Sulap Taman Bukik Gadang, Inspektur Daerah, Ninik Mamak, Gapensi dan PWI Apresiasi Inovasi Dinas Perkim-LH Sijunjung

568

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinilai punya inovasi yang luar bisa—menyulap Taman Makam Pahlawan Puspa Bangsa (TMP PB) menjadi Taman Bukik Gadang (TBG). Dinas Perkim-LH Sijunjung dibawa pimpinan Riki Mainaldi Neri,SSTP diapresiasi oleh Ninik Mak Muaro, Inspektur Daerah, Ketua Gapensi dan mantan Ketua PWI Sijunjung.

“Ini benar-benar inovasi luar biasa. Kita patut memberi aprsesiasi Dinas Perkim -LH Sijunjung dibawa pimpinan Kadisnya Riki Mainaldi Neri dan kawan-kawan yang berhasil menyulap TMP PB jadi objek wisata “Taman Bukik Gadang” kota,”ucap Inspektur Daerah Sijunjung, Welfiadril Tan Tuah Bagindo Ali, AP,SSos,MPd kepada Jurnal Sumbar.Com, Kamis (18/6/2020).

“Walau sudah dibangun TBG, diharapkan budaya kita tidak berobah. Seperti, 3Siap; siap ramai, siap banyak uang, dan siap tidak berobah menurut adat lamo pusako usang nan kadipakai,”ujar Welfiadril yang juga seorang tokoh ninik mamak itu dan mantan Ketua KNPI 2002-2006 itu.

Hal yang sama juga disampaikan salah seorang ninik mamak Nagari Muaro. “Jujur, kita bangga inovasi dari Dinas Perkim-LH dibawa pimpinan Kadisnya Riki Mainaldi Neri ini. Patut kita beri apresiasi dan ini luar biasa yang mampu lahan selama ini tidur dan eks TMP PB dan kini disulap menjadi Taman Bukik Gadang, jadi objek wisata ditengah kota,”ucap Erwindra Dt Tan Bagindo, S.AP kepada Jurnalsumbar.Com pada Kamis (18/6/2020).

Disebutkan Datuk Tan Bagindo, dengan hadirnya Taman Bukik Gadang (TBG) Muaro, maka peluang kerja dan peluang usaha masyarakat kian terbuka.

“Dengan keberadaan TBG ini jelas membuka peluang kerja dan tentu juga ada saling sinerji dari semua pihak dan butuh juga duduk bersama untuk menerapkan aturan nagari jadi rujukan dalam pengelolaannya. Sehingga tidak ada pengunjung yang melanggar adat dan agama ketika berada di Taman Bukik Gadang ,”tambah Erwindra Dt Tan Bagindo.

Tak hanya itu, mantan Ketua PWI Sijunjung, Syaiful Husien dan Ketua Gapensi Sijunjung, Tri Aboy,SPd juga mengapresiasi kinerja dari Dinas Perkim-LH.

“Hebat juga Riki dan stafnya, ini inovasi yang luar biasa mampu berinovasi ditengah Covid-19 dan patut diapresiasi. Lahan yang dulu tak termanfaatkan kini mampu disulapnya menjadi Taman “kota” Bukik Gadang,”ucap Syaiful Husien dan Tri Aboy pada Jurnalsumbar.Com saat menikmati indahnya pesona Taman Bukik Gadang pada Kamis (18/6/2020).

Keberadaan Taman Bukik Gadang itu benar-benar luar biasa. Taman Bukik Gadang kian memperindah RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang berada di Simpang Logas Muaro.

Tak percaya? Nah, tengok saja ke Bukik Gadang Muaro. Dilengkapi berbagai pasilitas dan arena permainan, dan aneka kuliner membuat Taman Bukik Gadang itu saban hari kian ramai dikunjungi warga. Bahkan di TBG itu juga dilengkapi mushola.

Kepala Dinas Perkim-LH Sijunjung, Riki Mainaldi Neri, dan Sekretaris Dinas Perkim-LH, Deinis Suryani,ST, menyebutkan, bahwa Taman Bukik Gadang itu dilengkapi berbagai pasilitas permainan. Mulai dari kapal-kapalan, ayunan, jungkat jangkit, playing fox dan arena selfi, rumah pohon bahkan bagi penggenar nunggang kuda dan sepeda gantung juga ada di Taman Bukik Gadang.


Kepala Dinas Perkim-LH Sijunjung, Riki Mainaldi Neri,SSTP,MSi

Bahkan Dinas Perkim-LH juga bakal membuat arena motor ATV 4×4 serta outbond juga segera dibangun. Anda penasaran? Nah, datang saja ke Muaro Sijunjung.saptarius