Taman Bukik Gadang, Taman Kota Muaro Sijunjung Sumbar yang Lengkap

1812

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – BAGI Anda warga Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat . Berlibur menghabiskan waktu dengan keluarga tak harus menempuh perjalanan jauh dan menghabiskan biaya. Karena di pusat kota Muaro Sijunjung, tepatnya di Bukik Gadang juga terdapat tempat wisata yang menarik.

Adalah Taman Bukik Gadang. Taman Bukik Gadang yang dibangun Dinas Perkim-LH dibawa pimpinannya, Riky Mainaldi Neri ini, sungguh ide yang luar biasa dan cemerlang. Sebab, selain untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Muaro Sijunjung, pembangunan taman yang berlokasi persisi di bawah Hotel Sahid Bukik Gadang ini, juga ditujukan sebagai sarana publik yang bisa sedikit “menyegarkan” warga Kabupaten Sijunjung.

Menakjubkan di atas kapal yang dibangun Dinas Perkim anda dapat melihat pemukiman Sijunjung

Taman yang dibangun di eks TMP Puspa Bangsa ini memiliki konsep sedikit berbeda dengan taman-taman kota lainnya. Selain mewadahi spesies tanaman hias, Taman Bukik Gadang juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti arena bermain untuk anak, bahkan juga dikengkapi kuda.

Bagi anda yang hobbi berkuda, di Taman Bukik Gadang juga ada kuda yang bisa ditunggangi dan dipandu oleh kusir kuda.

Memiliki area parkir yang cukup aman dan nyaman, Taman Bukik Gadang juga sangat cocok tempat “nongkrong” diatas bahu jalan M.Yamin Muaro Sijunjung itu.


Wuuiih..memang luar biasa taman ala Dinas Perkim LH di puncak Bukik Gadang ini

Memanfaatkan waktu New Normal, anda bisa menikmati indahnya Taman di Puncak Bukik Gadang itu. Karena sebuah kota yang sehat adalah kota yang memperhatikan keseimbangan antara aktivitas dan kelestarian lingkungannya. Hal ini pula yang dilakukan terobosan Dinas Perkim-LH Sijunjung dibawa komando Riky Mainaldi Neri bersama stafnya.

Tak bisa dipungkiri, dengan aktivitas kota yang sibuk dan padat menuntut keberadaan sebuah ruang publik yang dapat digunakan warganya untuk kembali menyelaraskan diri dengan lingkungan maupun komunitasnya. Meski tak begitu tinggi tingkat polusi udara di perkotaan Muaro Sijunjung, namun Taman Bukik Gadang mampu membuat keberadaan sebuah ruang hijau semakin penting bagi warga maupun bagi lingkungan kota itu sendiri.


Kepala Dinas Perkim-LH Sijunjung, Riki Mainaldi Neri,SSTP,MSi

“Pembangunan taman memiliki berbagai manfaat, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun personal. Secara sosial, keberadaan taman kota sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, akan mendorong warganya untuk saling terlibat satu sama lain,”ujar Kadis Perkim-LH Sijunjung melalui Sekretaris Perkim-LH Sijunjung, Deinis Suryani,ST belum lama ini.

“Dengan demikian akan tercipta sebuah lingkungan masyarakat yang harmonis. Dari sisi ekonomi, keberadaan taman akan meningkatkan nilai properti lingkungan sekitar, meningkatkan kesehatan tenaga kerja yang tinggal di sekitarnya, serta membuka berbagai peluang usaha,”tambah Deinis.

“Bagi anggota masyarakat sendiri, sebagai penikmat taman kota, keberadaan taman akan mendukung terciptanya gaya hidup sehat. Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di lingkungan taman, ternyata bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh,”tambah Deinis lagi.


PASILITAS – Sejumlah pasiltas lengkap di Taman Bukik Gadang

Nah, mudah-mudahan Taman Bukik Gadang bisa memenuhi berbagai fungsi seperti tersebut di atas. Mudah-mudahan Taman Bukik Gadang bisa menjadi sebuah awal munculnya berbagai ruang publik serupa yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat sekitarnya.

Anda penasaran? Nah, datang saja ke Taman Bukik Gadang Muaro Sijunjung dan ajak patner dan keluarga anda menikmati indahnya Taman Bukik Gadang yang dibangun Dinas Perkim-LH Sijunjung itu. saptarius