Gubernur dan Kapolda Sumbar Panen Raya di Nagari Minangkabau Tanah Datar

1017

JURNAL SUMBAR | Batusangkar –  Panen raya di sawah kelompok tani Sawah Padang Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Rabu, (08/07/20) dilakukan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kapolda Irjen Pol Toni Hermanto, Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nusirwan.

Pada kesempatan itu, Gubernur menyatakan, Tanah Datar merupakan daerah agraris bukan daerah industri. Tanah Datar  merupakan daerah agraris yang memiliki lahan pertanian luas menjadi penyangga produksi pangan.

Provinsi Sumatera Barat termasuk sembilan  daerah penyangga pangan terbesar yang mengirimkan dan mengsuply pangan keluar provinsi, dan Tanah Datar merupakan salah satu sentra produksi pertanian di Sumatera Barat, sebut Irwan Prayitno.

Seterusnya , PDRB (Pendapatan Domistik Regional Bruto ) Tanah Datar 30 persen bersumber dari pertanian, dengan rata-rata produksi, 5,7 ton. Namun ada daerah mampu mencapai delapan ton hingga 12 ton.Prosuksi ini harus ditingkatkan dengan perbaikan teknologi, penyediaan bibit unggul, pupuk, perbaikan irigasi, bila perlu mencetak sawah baru, dan mencegah alih fungsi lahan.

Satu lagi prestasi Tanah Datar, IP(Indeks Pertanaman) dalam satu tahun mencapai 2,7, jauh di atas rata-rata provinsi Sumatera Barat, yakni, sebesar 1,8. Suatu hal yang sangat menggembirakan, tentu akan meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga hal itu juga menyebabkan Provinsi Sumatera Barat tidak terlalu terdampak dengan bencana pandemi corona virus.

Irwan Prayitno juga mengapresiasi para petani, meskipun dalam situasi pandemi tetap bekerja, tetap panen, dan tetap produktif dengan mengikuti protokol kesehatan di masa new normal.

Panen raya di sawah kelompok tani Sawah Padang Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang memanfaatkan varietas Bujang Marantau seluas lima hektar dengan potensi panen 60 hektar.

Turut memberikan kata sambutan, Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi, Wali Nagari Minangkabau Imhar sekaligus dihadiri, Forkompimda Tanah Datar, dan undangan lain. – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here