Kunker ke Sumpur Kudus, Kapolres Sijunjung Silaturrahmi Bersama Warga

1280

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kapolres Sijunjung, Sumatera Barat, AKBP Adry Kurniawan beserta rombongan pada Sabtu (11/7/2020) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Nagari Sumpur Kudus.

Kunjungan kerja kapolres itu diikuti
oleh seluruh para kabag dan kasat Polres Sijunjung.

Dalam kunjungan tersebut kapolres di sambut Forkopincam, Walinagari se-Kecamatan Sumpur Kudus tokoh Masyarakat tokoh agama, pemuda
dan bundo kanduang.

Wali Nagari Sumpur Kudus Sarijal,SAg, dalam sabutanya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kapolres Sijunjung bersama rombongan, dalam laporan bawa nagari aliran Sumpu terdiri dari Nagari Sumpur Kudus, Silantai, Unggan dan Mangganti, yang terjadi sekarang ini adalah kenakalan dan kriminalitas yang sangat tinggi di mohon kepada Kapolres untuk menempatkan personilnya dikarenakan akan dibuatkan Pos Polisi di dalam rangka mengantisipasi kriminalitas dan gangguan kantibmas lainya Pos Polisi tersebut akan di bangun Nagari Sumpur Kudus.

Dalam sambutan salah satu tokoh masyarakat, bahwa Sumpur Kudus merupakan nagari tertua di Kabupaten Sijunjung dan Islam pun masuk ke Sumpur yang di bawa oleh Syeh Ibrahim pada abad 12 yang lalu.

Sumpur Kudus merupakan Raja Ibadat di Alam Minangkabau. Sumpur Kudus berdiri Tugu PDRI karena ada sejarah perjuangan yang di tokohi
Syafrudin Prawira Negara merupakan sejarah perjuangan atas kemerdekaan Republik Indonesia.

Di akhir kegiatan Kapolres Sijunjung
menyampaikan pesan pesan kantibmas di sela sela kunjungan kerja situasi Kamtibmas adalah merupakan tanggung jawab kita bersama walaupun polri merupakan leading sektor dan ujung tombak antisipasi keamanan dalam negri namun tanpa ada bantuan kita bersama kamtibmas tidak akan terkendali.

Unsur persatuan ninik mamak dan totoh masyarakat masih terjalin dengan baik merupakan modal dasar dalam rangka menjamin kerukunan antara masyarakat. Dengan hidupnya ketokohan ini sangat baik dalam rangka antisisi konflik sosial dan tapal batas di karenakan nagari berbatas dengan daerah atau kecamatan di luar sijunjung, Kemudian AKBP Adry Kurniawan menitipkan Bhabinkantibmas agar diperdayakan untuk menangani kasus kasus yang terjadi, kemudian Khusis di Sumpur ini akan di bangun Sub Sektor Polsek Sumpur Kudus.

“Tehadap warga ada yang melanggar hukum jangan sekali-kali main hakim sendiri, dan ada masalah adakan musyawarah perdayakan FKPM dan bhabinkantibmas dan Babinsa di masing masing nagari. Terhadap isu ilegal logging mari kita menanam pohon kembali antisipasi banjir dan longsor pada musim hujan, untuk antisi masa pandemi sekarang ini jaga kesehatan perhatikan pola hidup bersih, jadikan nagari kita menjadi nagari tangguh,”kata kapolres.

“Antisipasi pilkada bulan Desember mendatang mari kita bersama sama mensukseskanya,hindari isu Hoax”, ujar Andry kurniawan.ajo nasrul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here