Rumah Pensiunan ASN Itu Ludes Dilalap Sijago Merah

1185

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebuah rumah kayu di Kampung Teleng Kelurahan Pasar ), Kota Sawahlunto, Sumatera Barat ludes dilalap sijago merah. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jumat (10/7/2020) siang.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB itu menimpa rumah Nusirwan (63 tahun), seorang pensiunan ASN. Penyebab kebakaran diduga karena hubungan arus pendek listrik.

Peristiwa itu diketahui Nusirwan, pemilik rumah ketika pulang dari pasar. Dia kaget melihat ada kepulan asap tebal dari atap rumah.

Menyadari rumahnya terbakar, Nusirwan sontak berteriak minta tolong. Mendengar teriakan minta tolong tersebut, warga sekitar langsung turun tangan membantu memadamkan api.

“Saya mendengar teriakan minta tolong, langsung memanggil warga lain untuk membantu memadamkan api,” kata Ridho, salah seorang warga.

Warga berupaya memadamkan api yang berkobar dengan alat seadanya. Namun, kobaran api begitu cepat membesar. Sebagian warga membantu mengeluarkan barang – barang yang masih bisa diselamatkan.

Meskipun mobil pemadam kebakaran datang beberapa saat kemudian, upaya pemadaman api tidak berjalan mulus. Mobil pemadam kesulitan akses karena posisi rumah agak jauh dari jalan.
Lurah Pasar, Ali Yusman menyebutkan, jarak rumah korban dari posisi mobil pemadam sekitar 200 meter. Sehingga petugas pemadam kesulitan menjangkau lokasi.

“Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.00 wib atau satu jam kemudian,” katanya.

Ali Yusman menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik. Diperkirakan kerugian materi mencapai Rp20 juta.tum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here