Dilantik Irjen Pol Toni Harmanto, AKBP Imran Amir,S.IK,MHum Resmi Jabat Kapolresta Padang

2613

JURNAL SUMBAR | Padang – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Padang resmi dijabat AKBP Imran Amir,S.IK,MHum. Pengangkatannya dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di Mapolda Sumbar pada pSenin (31/8/2020), berdasarkan surat telegram nomor; ST/ 2248 /VIII /KEP /2020 tanggal 3 Agustus 2020.

Selain Kapolresta Padang, enam kapolres dan satu pejabat utama (PJU) di jajaran Polda Sumbar dilantik oleh Kapolda Sumbar. PJU yang sertijab adalah, Dirresnarkoba Kombespol Ma’mun pindah dengan jabatan baru sebagai Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim Polri. Dia digantikan oleh Kombespol Wahyu Sri Bintaro, sebelumnya menjabat Kabagkhirdin Rowatpers SSDM Polri. Mutasi ini dengan nomor, ST/ 2247 /VIII /KEP /2020.

Selanjutnya berdasarkan surat relegram; ST/ 2250 /VIII /KEP /2020, Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso pindah ke Korlantas Polri dengan jabatan Kasiinvidrek Subditjemenopsprek Ditkamsel.

Jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh AKBP Dody Prawiranegara, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mentawai. Sedangkan jabatan Kapolres Mentawai dipegang oleh AKBP Mu’at, dari Kasiopsnal Subditintelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval kembali ke Polda Sumbar sebagai Kabagbinkar Rosdm, digantikan oleh AKBP Sri Wibowo, Kapolres Limapuluh Kota. Pengganti Sri Wibowo adalah AKBP Trisno Eko Santoso, Kasubdit Binsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Kalbar.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, pinda tugas ke Polda Sumbar dengan jabatan Kabagwassidik Ditreskrimum, posisinya digantikan oleh AKBP Dedi Nur Andriansyah dari Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sumbar.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, pindah tugas dan menjabat Kasubagrenmin Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, digantikan oleh AKBP Alex Prawira, Koorspripim Polda Sumbar.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Imran Amir


AKBP Imran Amir,S.IK,MHum

Putra asli Kota “Bingkuang” Padang, AKBP Imran Amir,S.IK.MH, itu akhirnya resmi memegang tongkat komando sebagai Kapolresta Padang, Sumatera Barat.

Mantan Kapolres Sijunjung dan Dharmasraya itu, terhitung 3 Agustus 2020 lalu, secara resmi menjabat sebagai Kapolresta Padang menggantikan Kombes Yulmar Try Himawan tapi kala itu belum dilantik. Hal itu menyusul setelah keluarnya surat telegram Kapolri Idham Aziz tertanggal 3 Agustus 2020 bernomor ST/2248/VIII/KEP/2020.

Sebelum menjabat Kapolresta Padang, urang sumando Painan Pesisir Selatan itu menjabat sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumbar.

Untuk diketahui sosok Imran tak asing lagi di Sumbar, apa lagi ia juga pernah menjabat Kapolres Sijunjung dan Kapolres Dharmasraya. Di daerah itu, sosok Imran Amir dikenal polisi Pamen yang baik hati dan dikenal sosok penyantun. Apalagi dengan program tali asihnya yang sangat menyentuh.

Alumni AKPOL 1998 ini mengaku bersyukur bisa bertugas dan kembali ketempat tanah kelahirannya di Kota Padang.

Tak percaya? Dengar saja rasa syukur yang diucapkannya Imran. Menurut putra Minang kelahiran Padang, 2 Oktober 1976 itu, bisa bekerja sembari fokus merawat orang tuanya yang berada di Kota Padang. Hal itu disampaikan Imran dalam pisah sambut yang berlangsung di Hotel Mercure Padang kala itu di hadapan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto.

Ketulusan dan pengabdian Alumni SMA 2 Padang ini kepada orang tuanya diapresiasi oleh seluruh tamu yang hadir ketika itu. Termasuk Kapolda, yang mengaku bangga dengan Imran.

“Alhamdallah, in sha Alloh akan saya jalankan amanah. Saya tetap Imran yang dulu mandan kenal. Yang selalu siap memberantas tindak kejahatan,”ucap suami dari dr. Hj. Yolla Giovanna Imran itu suatukali pada Jurnalsumbar.Com.

Sosok Imran adalah sosok polisi yang ditakuti para perampok dan pelaku kejatan. Sebab, setiap ada tindakan kejahatan pasti akan diberantasnya. Selamat dan sukses buat pak kapolresta. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here