Selama Pandemi Covid-19, Sebanyak Enam Ribu Lebih Masyarakat Sijunjung Terima Bantuan dari Polres

740

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Selama masa pandemi Covid-19 melanda, hampir seluruh lapisan masyarakat terdampak akibat anjloknyo perekonomian. Selama itu pula Polres Sijunjung rutin memberikan bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Sijunjung melalui bansos dam tali asih untuk masyarakat kurang mampu.

Setidaknya, sebanyak 6.000 lebih masyarakat yang terseber di 61 nagari dan 1 desa di Kabupaten Sijunjung mendapat bantuan dari Polres Sijunjung selama masa pandemi berlangsung.

Bantuan yang dikemas secara bertahap mulai tahap I, II dan III itu dimulai sejak bulan Juni, Juli dan Agustus 2020. Dengan penerima 30 kepala keluarga setiap nagarinya selama tiga bulan. “Tahap I sebanyak 30 KK per nagari, begitu pun tahap II dan III. Jadi dalam tiga tahap ada 90 KK setiap nagari yang tersebar di Kabupaten Sijunjung,” tutur Kapolres AKBP Andry Kurniawan didampingi Kasat Binmas Iptu Syafril dan Kasubag Humas Iptu Nasrul Nurdin.

Selain bansos yang secara bertahap, kegiatan tali asih juga rutin dilakukan di Polres hingga Polsek yang ada. “Tadi kita juga menyalurkan langsung di Nagari Lalan dan Nagari Latang, Kecamatan Lubuk Tarok. Penyerahan dilakukan bersama pemerintah nagari di kantor walinagari setempat,” katanya, Selasa (1/9/2020).

Bantuan yang diberikan itu merupakan bukti kepedulian Polres Sijunjung kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Dengan ini kita mempererat silaturahmi untuk masyarakat, bahwa Polisi mitra masyarakat. Dengan kedekatan yang terjalin kita mengimbau agar situasi Kamtibmas tetap terjaga, saling peduli dan bahu membahu,” sebutnya.

Selain menyerahkan bantuan, momen berbagi dan menyapa masyarakat secara langsung juga digunakan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas dan penerapan prokes pencegahan Covid-19.

“Ada beberapa hal yang jadi perhatian diantaranya, penerpan prokes, kenakalan remaja, narkoba, asusila dan curanmor. Jadi kita tekankan agar masyarakat tidak membeli kendaraan yang tidak memiliki dokumen lengkap. Jangan tergiur dengan harga murah, karena bisa saja kendaraan yang dibeli akan membawa kita kepada masalah nantinya,” papar AKBP Andry Kurniawan.

Sementara itu, Walinagari Lalan, Martonis mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Sijunjung dan jajaran atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat di Nagari Lalan. “Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat ditengah masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan prokes kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara melakukan tiga M, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.end/ajo nas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here