Rakercab Pramuka Sawahlunto, Utamakan Progja Baksos dan Unit Usaha

150

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 11 Kota Sawahlunto menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Ruang Rapat Balaikota Sawahlunto,Sumatera Barat, pada Jumat (15/1/2021)

Rakercab yang diikuti unsur pengurus andalan cabang, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) kecamatan dan Satuan Karya serta Koorp Pelatih pramuka yang ada di kota ini.

Ketua Panitia Rakercab Aprinal menyatakan rakercab ini menjadi wadah evaluasi kegiatan tahun 2020 lalu dan sekaligus merencanakan program dan kegiatan tahun ini.

“Meski dimasa pandemi covid-19 saat ini kwarcab kota Sawahlunto tentu ada beberapa prioritas pembinaan yang tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan sesuai anjuran dari Kwartir Nasional,” kata Aprinal.

Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Agustin menjabarkan pada tahun ini direncanakan tetap menjalankan beberapa kegiatan rutin yang disesuaikan dengan protokol kesehatan seperti Jelajah Kota Pusaka Bersejarah, Akreditasi Gugus Depan, pelatihan jurnaistik dan siber pramuka, Satgas Pramuka Peduli Covid-19.

“Juga mengikuti kegiatan daerah dan nasional. Seperti, Perkemahan Wira Karya Nasional, Peran Saka Nasional serta tanda penghargaan pramuka Garuda, orang dewasa dan rangkaian hari Pramuka,” sebut Agustin.

Ketua Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti sangat apresiasi terhadap kinerja para pengurus serta jajaran yang tetap memaksimalkan kegiatan pengabdian masyarakat ditengah pandemi covid-19 saat ini.

“Satgas pramuka peduli yang tetap hadir ditengah masyarakat serta upaya pengembangan budidaya lebah pramuka yang sangat mendorong unit usaha pramuka yang juga bermanfaat bagi masyarakat,” kata Zohirin.

Kepada keempat ketua Kwarran, sebut Zohirin silahkan bergerak dan lakukan persiapan untuk dilantik agar secepatnya dapat melakukan pembinaan di kecamatan masing-masing.

“Mari bersama-sama jalin komunikasi dengan camat serta gugus depan (gudep) dan komponen masyakarat agar pembinaan kepramukaan tetap berjalan seirama dengan program dan kegiatan kwarcab,” pinta Zohirin.

Pada rakercab ini Ketua Kwarcab Zohirin sayuti dan Ketua Harian Asril menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga pramuka penggalang yang mengikuti latihan dirumah dimasa pandemi Covid-19 yang digelar Kwartir Nasional.

Piagam tersebut diserahkan kepada A Mufliha Azzuhdi pramuka penggalang dari Gudep SMPN 2 Sawahlunto, Lathifa Oktrina dari Gudep SDIT Pelangi Talawi dan Sondang Pahmadika dari gudep SDN 19 Santur.simamora