Renovasi Masjid Rp1,5 Miliar, Gubernur Irwan Prayitno Apresiasi Sinergi Warga Minang dan Yogyakarta

624
Gubernur Irwan Prayitno poto bersama dengan perantau Minang Yokyakarta dan mahasiswa asal Sumbar di Masjid Istiqomah yang sudah direnovasi secara swadaya.

JURNAL SUMBAR | Yogyakarta – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Prof. Dr. H. Irwan Prayitno mengapresiasi dan berterima kasih kepada warga Karangwaru Kidul Yogyakarta, yang telah merenovasi Masjid Istiqomah menjadi lebih megah dan indah. Pembangunan masjid dua lantai dengan dana swadaya masyarakat itu berlokasi di kompleks Asrama Mahasiswa ‘Merapi Singgalang’, dan berdiri di atas lahan milik Pemda Sumbar itu telah menghabiskan dana Rp 1,5 miliar yang dikerjakan 10 bulan.

“Kita sangat berterima kasih kepada warga, dan akan membantu dana guna menyelesaikan (finishing) pembangunan masjid ini agar selesai 100 persen,” terang Irwan saat bersilaturahmi dengan warga setempat dan masyarakat Minang yang ada di Yogya di Masjid Istiqomah, Kamis (13/7) malam.

Hadir tokoh masyarakat Minang di Yogya, di antaranya Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat dr. Gun Nugroho Samawi, Prof. Dr. dr. Rusdi Lamsudin, Dr. Rachmad Ali, dan Risman Marah. Irwan Prayitno berharap silaturahmi dan sinergi Pemda Sumbar, warga Minang dengan masyarakat Yogya dapat terjalin berkelanjutan.

Irwan mengatakan, Pemda Sumbar juga berencana merenovasi Asrama Merapi Singgalang seluas 3.000 m2 agar lebih layak ditinggali dan nyaman untuk belajar. Ia berharap masyarakat Minang yang ada di rantau, peduli dengan daerahnya.

Ketua Takmir Masjid Irham Muhammad mengatakan, pihaknya masih menerima bantuan dana untuk finishing masjid. Ketua Ikatan Keluarga Besar Minangkabau Yogyakarta (IKBMY) Jufrial menyambut baik silaturahmi Gubernur Sumbar, untuk mensinergikan program Pemda Sumbar dengan warga Minang di rantau.

Sedangkan Dirut PT BP KR dr. Gun Nugroho Samawi mengajak warga Minang yang ada di Yogya berkontribusi positif bagi Yogya dan daerah asal. “Saya mendukung rencana pembangunan Rumah Gadang di Yogya, karena akan berdampak positif bagi perekonomian dan pariwisata. Tapi warga Minang di sini harus membuktikan punya kemampuan untuk membangunnya,” katanya. relis