Dinas PM-PTSP Sijunjung Luncurkan Layanan Perizinan Online

1831
Benny Dwifa Yuswir

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sejak hari ulang tahun (HUT) RI ke-72, tepat pada 17 Agustus 2017 lalu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) meluncurkan layanan perizinan berbasis online. Layanan tersebut diberi nama Sistem Informasi Perizinan Pelayanan Terpadu (SIMPEL SATU).

“Tinggal klikhttps://perizinan.sijunjung.go.id di website https://dpmtsp.sijunjung.go.id,” kata Kepala DPM dan PTSP Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, Rabu (23/8).

Langkah perizinan secara online, sambung Benny, pemohon melakukan pendaftaran dan registrasi di web https://dpmptsp.sijunjung.go.id. Dalam halaman aplikasi tersebut, pemohon yang akan melakukan proses perizinan seperti badan, usaha ataupun lainnya serta calon investor diharuskan mengisi dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

Setelah berkas dinyatakan lengkap dan lolos verifikasi, maka pemohon atau calon investor akan mendapat username dan password, dan selanjutnya pemohon dapat melakukan proses login, serta mengisi data yang diperlukan.

Kemudian, pemohon dapat memantau sejauh mana proses perizinannnya. ”Keistimewaan perizinan online ini pemohon bisa memantau langsung sejauh mana proses perizinannya,” ujarnya.

Namun demikian, bagi pemohon atau calon investor yang ingin mengurus perizinan secara manual akan tetap dilayani. Pemohon wajib membawa persyaratan atau berkas yang diperlukan.

Menyinggung perpanjangan perizinan, menurut Benny Dwifa, apabila izin sudah habis maka pemohon tidak perlu mengunggah kembali data dan berkas karena telah tersimpan dalam sistem. “Untuk perpanjangan  perizinan pemohon hanya perlu mengunggah data baru. Karena Perizinan yang dikeluarkan DPMPTSP telah diatur untuk masa pengerjaannya. Semua proses telah distandarisasi dengan SOP (Standard Operation Procedure), dimulai dari pengajuan izin hingga keluarnya izin tersebut,” jelasnya.

Kata dia, layanan berbasis online salah satu bentuk program kerja dari pemerintahan Bupati Yuswir Arifin dan Wakil Bupati Arrival Boy guna memberikan kemudahan bagi pemohon dan calon investor dalam pelayanan pengurusan perizinan di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

“Layanan berbasis online ini sebagai bentuk komitmen dari pemerintah Kabupaten Sijunjung guna memperbaiki layanan ke masyarakat,” jelas mantan Camat Sijunjung. azt/humaskab Sijunjung