Amankan Lebaran, Polres Tanah Datar Turunkan 315 Personil Gabungan

631

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Polres Tanah Datar menurunkan 315 personil gabungan. Sebanyak 205 personil berasal dari anggota Polri, sisanya personil gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Kesehatan.

Hal itu dijelaskan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH didampingi Kasat Lantas AKP Yulandi Rusadi, SH usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (6/6/2018).

Dikatakan Kapolres, dalam palaksanaan tugas di lapangan, tim dibagi menjadi empat pos (titik) pengamanan dan pelayanan di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Pos tersebut teletak di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan Komplek Istano Basa Pagaruyung merupakan Pos pelayanan (Posyan) serta di Pasar Ombilin Kawasan Danau Singkarak dan Pasar Kecamatan Sungai Tarab adalah Pos Pengamanan (Pospam).

Seterusnya sebut kapolres, pihaknya juga sudah mengantisipasi kemungkinan yang mengganggu kelancaran masyarakat dan perantau pulang kampung seperti pasar tumpah, antrian di SPBU, bencana alam, dan persimpangan padat aktifitas pengendara.

“Guna mengantisipasi gangguan itu,kita siagakan beberapa personil di empat pos tersebut dan sebagian lainnya melakukan patroli di tempat-tempat rawan Kamtibmas,” tutur Bayu.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan pemerintah daerah selalu mendukung upaya yang dilakukan pihak Kepolisian dalam upaya pengamanan dan kenyamanan masyarakat dan perantau merayakan Hari Lebaran di kampung halaman.

“Kita, Pemda Tanah Datar  siap mendukung segala aktivitas yang sedang dilaksanakan termasuk  personil dari dinas terkait untuk memuluskan operasi ketupat 2018,” tutur Irdinansyah Tarmizi.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Bayu bersama Bupati Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Dandim, Wakapolres Kompol Mayarudin, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan checking kenderaan patroli dan sekaligus memusnahkan barang bukti petasan sekitar 12.489 buah. (H. Bakhtiar Danau)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here