Dandim Pessel Ajak Masyarakat Hadirkan Pancasila Dalam Kehidupan

386

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi, S.H memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Upacara Makodim 0311/Pessel Jln. H. Ilyas Yacub Painan yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0311/Pessel beserta jajarannya, Jumat (01/06/2018).

Sebagai inspektur upacara (Irup)  Dalam 0311/Pessel membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo yang berisikan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang tidak boleh dilupakan.

Perumusan Pancasila dimulai tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno dan piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, serta bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu diingat, kita dalami rohnya adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, serta hati dan pikiran kita.

Pada peringatan hari lahir pancasila tahun 2018 ini,  kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu,  berbagi, dan berprestasi.

Akhir amanatnya, Presiden RI Joko Widodo, mengajak seluruh komponen bangsa agar senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kakanminvetcad I/35 Painan Mayor Inf Sukiran, Perwira Staf dan Danramil se-jajaran,dan seluruh personil Kodim 0311/Pessel. (Rega Desfinal)