Sekda Ali Asmar Imbau Masyarakat Sukseskan Rekam Data KTP Elektronik

798

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat imbau masyarakat Sumatera Barat yang telah cukup usia namun belum melakukan rekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) agar segera melakukan rekam data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di lingkungan masing-masing.

“Alhamdulillah persentase yang belum daftar (melakukan rekam data elektronik) tinggal sedikit lagi. Walaupun persentasenya kecil, kami harapkan bisa dipenuhi biar rampung 100%,” ujarnya saat memberi arahan pada acara Silaturahmi Ramadan Pemprov Sumbar di Masjid Raya Sungai Dareh, Kab. Dharmasraya, Sabtu (9/6).

Ali Asmar memaparkan, untuk Kab. Dharmasraya, kurang lebih 94% warga cukup usia telah melakukan rekam data KTP-el, tinggal 6% saja yang belum.

Sementara itu, dalam beberapa kali kesempatan Silaturahmi Ramadan sebelumnya, ia menyebutkan, Kab. Agam telah menuntaskan 92,38% perekaman data, Kab. Agam telah mencapai 80% lebih, Kab. Pasaman Barat telah menyentuh angka 93%, Kota Bukittinggi 96%, Kab. Tanah Datar mencapai 94%, dan Kab. Padang Pariaman mendekati 90%. Sedang untuk Kota Solok, ia mengatakan persentase perekaman telah cukup baik.

“Yang kita harapkan bisa 100%. Jadi, tolong diingatkan warga kita yang belum rekam data ini agar segera diurus,” ucapnya pada segenap Tim Silaturahmi Ramadan Pemkab Pasbar yang mendampingi.

Ali Asmar lebih lanjut mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapatkan seorang warga negara dengan melakukan rekam data dan memiliki KTP-el selain sebagai bukti identitas penduduk Indonesia, antara lain: untuk pembuatan passport, pembuatan SKCK, syarat administrasi perbankan, kepemilikan kendaraan bermotor, dan lain-lain, serta, sebagai syarat utama agar bisa menggunakan hak memberi suara pada pemilihan umum, baik legislatif, Kepala Daerah, maupun Kepala Negara.

“Apalagi sebentar lagi akan ada pemilihan presiden 2019. Nanti jangan sampai tidak bisa mendapatkan hak suara karena tidak punya KTP-elektronik,” tandasnya. rls/zrd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here