Apresiasi MDN-G, Tan Sri akan Hadir dan Berbicara di Pertemuan Perantau Minang Dunia

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Malaysia – Pengurus Jaringan Perantau Minang Dunia (Minang Diaspora Network-Global/MDN-G) hadiri pengukuhan Pertubuhan Jaringan Masyarakat Minangkabau Malaysia (JM3), organisasi perantau Minang yang menghimpun puluhan organisasi Minang dari berbagai nagari yang terdapat di semua negara bagian di Malaysia, di Rumah Makan Setia Menanti, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (21/7-2018).

Burmalis Ilyas selaku Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network-Global hadir bersama pengurus lainnya, yaitu Masykur Chaniago Datuk Parpatih Nan Sabatang (Deputy President MDN-G), Doni Harsiva Yandra (Vice Secretary General MDN-G), dan Vasko Dagama (Executive Secretary).

JM3 dikukuhkan oleh Tan Sri Dato’ Seri Utama DR. Rais Yatim selaku Ketua Dewan Penasehat JM3, yang juga Ketua Dewan Penasehat Minang Diaspora Network Global.

JM3 yang dikukuhkan itu dipimpin oleh Prof. DR. Firdaus Abdullah, tokoh Minang yang pernah menjadi anggota parlemen Kerajaan Malaysia. Prof. DR. Firdaus Abdullah dibantu oleh tim yang sangat solid, diantaranya Dirwan Ahmad Darwis, Syahrial, Wahdi, Haswin Darwis, Mohammad Yani dan toloh Minang lainnya.

Dalam sambutannya, Tan Sri berharap Jaringan ini dapat memperkuat silaturrahmi sesama perantau Minang di Malaysia. Tan Sri juga mengajak semua perantau Minang yang ada di Malaysia untuk membangun sebuah Rumah Gadang (Minang House) di Kuala Lumpur. “Untuk tempat berkumpulnya perantau Minang Malaysia,” ujarnya.

Tan Sri juga mengajak semua perantau Minang untuk selalu melestarikan adat dan budaya serta membudayakan/membiasakan berbahasa Minang di kalangan keluarga dimanapun berada. “Ini sebagai upaya mempertahankan karakter Minang,” tegasnya.

PERANTAU SIJUNJUNG

Minang Diaspora Diapresiasi

Tan Sri Dato Seri Utama DR. Rais Yatim mengapresiasi dibentuknya Jaringan Perantau Minang Dunia atau Minang Diaspora Network Global, dan Insya Allah akan menghadiri pertemuan pertama Jaringan Perantau Minang Dunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2018 di Deakin University Melbourne, Australia.

“Insya Allah selaku Ketua Dewan Penasehat Jaringan Perantau Minang Dunia (JPMD) Tan Sri akan hadir dalam acara tersebut, dan akan berbicara tentang isu-isu adat dan budaya Minangkabau yang harus dilestarikan,” sebut Burmalis Ilyas kepada media ini, Selasa (24/7-2018).

Ditambahkan Burmalis, Tan Sri juga mengharapkan Jaringan Perantau Minang Dunia (JPMD/MDN-G) sebagai alat untuk saling menguatkan, membesarkan semua potensi urang Minang dimanapun berada, di semua sektor/lini kehidupan, baik ekonomi/bisnis, pendidikan, dan dapat berkontribusi untuk memajukan kampung halaman, Ranah Minang.

Tan Sri Rais Yatim mengundang Burmalis Ilyas dan rombongan ke rumahnya yang berarsitektur Rumah Bagonjong ciri khas Minangkabau. “Rumah beliau (Tan Sri) dengan atap bergonjong tersebut menunjukkan kecintaan dan kebanggaan beliau sebagai orang Minang,” ujar Burmalis. “Mudah-mudahan hal ini bisa diikuti oleh tokoh-tokoh Minang lainnya, yang banyak sukses di rantau orang,” harapnya.

Jaringan Masyarakat Minangkabau Malaysia (JM3) terdiri dari banyak perhimpunan perantau Minang di Malaysia, yaitu:

1. Persatuan Kebajikan Anak Minang Negeri Johor (PKAMNJ).
2. Persatuan Kebajikan Anak Minang Melaka (PKAMM)
3. Pertubuhan Kebajikan Masyarakat Minangkabau Negeri Sembilan (PKMMNS)
4. Pertubuhan Kebajikan Masyarakat Minangkabau Kuala Lumpur (PIKMM KL)
5. Koperasi Minang KL BHD
6. Ikatan Keluarga Minang Utara (IKMU)
7. Persatuan Waris Anak Minangkabau Malaysia (WAKAM)
8. Pertubuhan Masyarakat Minangkabau Palembayan KL (PMMP KL)
9. Persatuan Masyarakat Minang Datuk Keramat KL (PMDKKL).
10. Pertubuhan Masyarakat Minangkabau Lembah Pantai (PMMP KL).
11. Persatuan Minang Saiyo Padang Pariaman.
12. Persatuan Masyarakat Minangkabau Gombak (PMMG).
13. Pertubuhan Sosial Minang Ampang (KESMA).
14. Pertubuhan Masyarakat Minang Ampang dan Sekitarnya (PMMAS).
15. Persatuan Koto Tangah dan Sekitarnya (KOTAS).
16. Persatuan Kebajikan Anak Minang Solok Selatan (PKAMSS).
17. Ikatan Keluarga Limo Koto Sekitar nya (IK LIMKOS).
18. Pertubuhan Banuampu Malaysia (PB
19. Ikatan Keluarga Malalo (IKMAL).
20, Ikatan Keluarga Padang Tarok Sekitarnya (IKPTS).
21. Persatuan Minang Kapau.
22. Fan Clup Minang
23. Persatuan Masyarakat Kampar.
24. Ikatan Keluarga Rao Rao (IKRAR).
25. Pertubuhan Masyarakat Minangkabau Tanah Datar Selangor (PMMTDS). enye

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.