Perbaiki Data Penanganan Pakir Miskin, Bappeda Sijunjung Gelar Bimtek dan Workshop

747

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPr & PA)Kabupaten Sijunjung selenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan Workshop yang dilaksanakan di Hotel Axana Padang, Provinsi Sumatera Barat dari Rabu hingga Jum’at (12 – 14/9/2018).

Bimtek dan Workshop ini diikuti oleh 132 orang Penanggung Jawab dan Petugas Entri Data / Operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS – NG) Kegiatan Verifikasi, Validasi dan Pemuktahiran Basis Data Terpadu Tingkat Nagari se – Kabupaten Sijunjung.

Acara yang dibuka oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan dan diikuti oleh peserta lainnya.Acara ini juga dihadiri Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori, Kepala Dinsos PP dan PA, Ahmattullah, Kepala Dinas Kominfo, Rizal Efendi dan undangan lainnya.

Bupati, Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan ucapan selamat datang kepada peserta.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya acara ini, dengan adanya bimtek dan workshop ini semoga peserta nantinya bisa memberikan pemahaman dan kemampuan bagaimana mekanisme untuk memperbaiki data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu,” ucapnya.

Untuk itu kata Bupati Yuswir, diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sampai selesai nanti, supaya kita mengerti dan nantinya tidak akan terjadi kesalahan dalam mengentri data serta kesalahan dalam penanganan fakir miskin betul betul di verifikasi, diperbaiki validitasnya dan di mutakhiran tanpa pandang bulu.

Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta arti pentingnya data terpadu penanggulangan kemiskinan yang akurat serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam memverifikasi, validasi dan memutakhiran data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu.

Kegiatan Bimtek dan Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai pada Rabu malam hingga Jum’at, 12 sampai 14 September 2018. Dan diikuti oleh 132 orang yang terdiri dari Tim Kabupaten 8 orang, penanggung jawab Nagari/Desa 62 orang dan petugas entri data / operator SIKS – NG Nagari sebanyak 62 orang, kata Febrizal Ansori

Sedangkan Narasumber didatangkan dari Instruktur pusat data dan informasi (PUSDATIN)Kementrian Sosial Republik Indonesia, dengan materi pengantar/pedoman umum pelaksanaan verifikasi, validasi dan pemutakhiran basis data terpadu penanganam fakir miskin dan orang tidak mampu, Aplikasi entri data/SIKS -NG, Workshop dan pedoman superfisi, sambung dia. Andri Kampai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here