36 KUBE Fakir Miskin Sijunjung Terima Bantuan UEP dari Pemprov Sumbar

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 36 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Fakir Miskin Kabupaten Sijunjung terima bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2018.

Bantuan ini diserahkan di Ruang Pertemuan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Sijunjung, Gedung Bersama, Lantai I, Pasar Impres Muaro Sijunjung, Rabu 24 Oktober 2018.

Hadir pada penyerahan tersebut, Bupati Sijunjung yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Drs. Syahrial. MM, Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Heni Yunida, Kadis Sosial Kabupaten Sijunjung, Drs.Ahmadtullah dan KUBE yang akan menerima bantuan tersebut.

Kadis Sosial, Ahmadtullah pada kesempatan itu menjelaskan bahwa ada 36 kube di Kabupaten Sijunjung tahun 2018 ini terima bantuan berupa barang atau jasa. Dari ke 36 Kube tersebut, 10 kube dari Kecamatan Kamang Baru yaitu, Kube Sejahtera, Kube Maju Bersama, Kube Usaha Maju, Kube suka maju, kube maju jaya, kube cahaya kamang, kube lubuk tabolang, kube kembang bersama, kube jaya abadi dan kube kurnia.

Kecamatan Lubuk Tarok 10 Kube yaitu, kube manggis, kube apel, kube jeruk, kube rambutan, kube melon, kube mangga, kube kelapa, kube dahlia, kube mawar dan kube melati. Kecamatan Sumpur Kudus 10 kube diantaranya, kube talang batu balumuik, kube awan bararak, kube pinang tabalah, kube selaju sampan, kube pinang sabatang, kube tali tali, kube aua sarumpun, kube kubang gajah, kube balai sil dan kube garunun indah, jelasnya.

Sedangkan 6 Kube lagi jelas Ahmattullah adalah, kube tani sepakat, kube dagang sepakat, kube tani jaya, kube melati, kube tani harapan dan kube talago indah dari Kecamatan Kamang Baru,tambahnya.

Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Heni Yunida mengatakan, bantuan Kube merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan, bantuan itu diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang sudah masuk dalam database pusat.

Epi

“Dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat hanya 2 Kabupaten yang dapat bantuan ini, yaitu Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok Selatan”, terangnya.

Dijelaskannya bahwa ke 36 bantuan yang diserahkan di Kabupaten Sijunjung ini adalah bantuan Kube dari APBD Provinsi Sumbar digulirkan untuk 6 (enam) kube khusus Kecamatan Kamang Baru, bantuan ini berupa barang atau jenis usaha.

Sedangkan untuk 30 Kube lainnya berasal dari APBN Pusat yang diberikan kepada 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Kamang Baru, Lubuk Tarok dan Sumpur Kudus. Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan Rp. 20.000.000 yang langsung masuk rekening kelompok tersebut, ungkap Heni.

“Kami berharap melalui program yang digulirkan ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk memiliki usaha secara mandiri dalam meningkatkan roda ekonomi”, sambung dia.

Staf Ahli, Syarial pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan propinsi yang telah memberikan bantuan ini.

” Dengan bantuan yang telah diberikan melalui Dinas Sosial ini, diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh kube yang telah menerima bantuan,sehingga kesejahteraan masyarakat Sijunjung dapat meningkat, harap nya.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, apa yang telah menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu terwujudnya masyarakat yang madani dan sejahtera cepat terwujud, sambung Syahrial. andri kampai

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.