Bertabur Diskon, Minangkabau Card Mulai Diminati Masyarakat

Kerja Sama MDN-G dan BRI

1033

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Setelah dilaksanakannya Soft Launching Minangkabau Card di Kampus YARSI akhir tahun 2018 lalu, Burmalis Ilyas dan pengurus Minang Diaspora Network Global (MDN-G) lainnya bekerja keras mencari Merchant Minang yang mau memberikan special discount kepada pemegang Minangkabau Card, sambil menjajaki prospek kerjasama.

Diantara Merchant yang sudah menandatangani MoU adalah RS YARSI yang ditandatangi langsung oleh Direktur Utama YARSI, Dr. Mulyadi Muchtiar dan disaksikan manajemen  RS YARSI lainnya, diantaranya Ellyana Yahya (marketing manager), Irwan (administrasi dan legal maneger). Poin MoU adalah RS YARSI akan memberikan diskon untuk pemegang kartu Platinum dalam bentuk  discount kamar sebesar 15%, penunjang medis sebesar 10%. Untuk Pemegang kartu
Gold dalam bentuk discount harga kamar sebesar 10% dan penunjang medis 7,5%. Untuk pemegang kartu Silver dalam bentuk diskon harga kamar sebesar  5% dan penunjang medis sebesar 5%.

Selain bertemu dengan Dirut RS YARSI, Burmalis Ilyas juga langsung menemui pemilik/owner langsung merchant pemberi diskon diantaranya Zubaidah Marlian pemilik RM Minang Singapura, Maryulis Pemilik RM  Sabar Menanti Singapura,  Annur Sutan Sati Pemilik RM Simpang Raya, Wendi Azwardi
Pemilik Brand RM Sari Bundo.

Dibidang perhotelan Burmalis juga bertemu dengan Dirut Hotel Balairung dan membuat reportase Hotel Balairung dengan kamar dan fasilitas lainnya serta merchant lainnnya yang kemudian diupload di youtube, facebook dan media sosial lainnya.

Burmalis Ilyas berharap akan banyak pengusaha Minang yang mau berbagi dengan pemegang Minangkabau Card.

Burmalis lebih lanjut mengatakan, dia dan semua jajaran pengurus MDN-G akan aktif mempromosikan Minangkabau Card ini dengan mengkuti berbagai bazar, expo, festival dan ikut mendukung di setiap kegiatan-kegiatan masyarakat dan organisasi Minang lainnya, baik sebagai sponsor maupun kolaborasi dengan ormas Minang lainnya agar Minangkabau Card ini lebih dikenal dan dibeli oleh masyarakat.

Rencana Grand Launching akan dilaksanakan dalam pertemuan Perantau Minang yang ke-2 di negeri Sembilan Malaysia nantinya.

Minangkabau Card merupakan Kartu non-tunai kerjasama antara Bank BRI melalui BRIZZI dengan MDN-G dan Merchant yang mau bekerjasama dalam pemberian diskon harga produk dan jasanya.

Minangkabau Card ini berfungsi sebagai kartu Brizzi (non-tunai) yg dijadikan kartu diskon dan kartu keanggotaan Minang Diaspora.  Brizzi selain untuk baya tol, parkir, belanja di Alfamart, Indomaret, juga jadi kartu diskon di merchant-merchant yang dimiliki oleh pengusaha dan profesional Minang sedunia.

Adapun manfaat untuk pemegang kartu non-tunai Minang Card  adalah mendapatkan diskon di semua merchant yang dimiliki oleh pengusaha Minang seperti rumah sakit, restoran, cafe, rumah makan Padang, universitas/kampus, klinik, apotik, hotel/penginapan, tour travel, butik/fashion  maupun jasa profesional lainnya seperti dokter, notaris, advokat yang bekerjasama dengan MDN.

Selain itu, secara tidak langsung berkontribusi dalam mendukung usaha dan jasa profesional masyarakat Minang di seluruh dunia. Pemegang kartu juga membantu organisasi/Yayasan Diaspora Minang dunia dalam menjalankan program organisasinya.

Adapun manfaat bagi Yayasan Minang Diaspora adalah  dana akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang berbau Minangkabau maupun kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, kemanusiaan dan lain sebagainya. Dan salah satu tugas yayasan adalah mempromosikan semua usaha dan jasa masyarakat Minang melalui media sosial seperti youtube, facebook, instagram, twitter, website dan media cetak lainnya.

Selain sebagai kartu diskon dan kartu anggota, Minang Card juga sebagai alat pembayaran non-tunai/e-money atau cashless money yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran tol, parkir, busway, kereta api, belanja di minimarket yg sudah bekerjasama dengan BRI.  Minang Card ini merupakan kartu Brizzi yang ditambahkan manfaatnya sebagai kartu anggota MDN dan kartu diskon. Isi ulang (refill) Kartu Minangkabau Card ini dapat dilakukan melalui ATM BRI maupun minimarket yang sudah bekerjasama dengan BRI.

Kartu keanggotaan MDN Global memiliki 3 kategori dengan paket diskon masing-masing yaitu Kartu Platinum seharga 1 juta dan akan mendapatkan diskon sebesar 10 -15 %, Gold seharga 500 ribu untuk diskon sebesar 7,5-10 % dan Silver seharga 250 ribu mendapatkan diskon sebesar 5-7,5 %.

Minangkabau Card ini berlaku selama 2 tahun sejak kartu didaftarkan dan diterbitkan oleh BRI dan akan diperpanjang untuk masa berlaku berikutnya. Harga kartu bisa juga dianggap sebagai iuran keanggotaan MDN yang dananya digunakan untuk kepentingan organisasi.

Saat ini sudah  lebih dari 100 merchant di seluruh dunia yang mau memberikan diskon dan diharapkan bisa ribuan kedepannya seperti RS YARSI (Prof. Jurnalis Uddin), RS dan STIKES PMC Pekan Baru (Dr. K. Suheimi), RS Petukangan Jakarta Selatan (Deny Azani Latif), Hotel Rensa Duren Sawit Jakarta (Sylvia Djardjis Husman), Burma Residence Syariah Painan (Burmalis Ilyas), Cikang Resto Menteng (Ivan Rizal Sini),

Selanjutnya, Hotel Karunia Muslim Tanah Abang (Mulyeni), Hotel Balairung (Pemprov Sumbar), Grand Asrilia Bandung (Asril Das), Hotel Bougenville Padang (Syahrian Tampo), Hotel Eagle Tavern London (Harmein Ferdinal), Hotel Nusantara Syariah Lampung (Yessi Yarisma), Hotel Muara Group Ternate (Soviaty Munir), Restoran Salero Kito Melbourne Australia (Ogam Anantyo/Afdhal Utama), Restoran Salero Minang Den Haag Belanda (Erita) , Rumah Makan Minang Singapura (Zubaidah Marlian), Rumah Makan Setia Menanti Singapura (Marulis), RM Simpang Raya (Annur Sutan Sati), Wandi Azwardi (Sari Bundo), RM Puncak Langkisau Rawamangun (Zainal) dan lain sebagainya.

Menurut Burmalis, banyak tokoh-tokoh Minang yang sudah memiliki Kartu Minangkabau Card ini seperti Prof. Emil Salim, Prof. Jurnalis Uddin, Emirsyah Satar, Elly Kasim, Wagub Lemhanas Marsekal Madya Wieko Sofyan, Aktor Soultan Saladin dan banyak lagi tokoh Minang nasional lainnya.

“Alhamdulillah semua tokoh Minang mendukung program ini, karena ini merupakan terobosan baru dalam menarik dana masyarakat yang digunakan untuk kegiatan organisasi, dan di sisi lain masyarakat pemegang kartu juga mendapatkan benefit dalam bentuk diskon di banyak tempat di seluruh dunia,” jelas Burmalis. Enye