Minang Diaspora Dukung UMKM Minang Berbisnis Secara Digital

908

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Pada tanggal 9 Maret bertempat di Cityplaza Jatinegara Plaza, Komunitas Muda Mudi Minang (3M) yang diawaki oleh Bobi Arianto mengadakan bazar kuliner disertai penampilan seni budaya Minang dengan tema Urang Minang Baralek Gadang.

Selain bazar dan penampilan seni budaya Minang, juga diselenggarakan Talkshow tentang UMKM dengan tema UMKM Minang di Era Digital. Talkshow ini dipandu oleh Burmalis Ilyas selaku Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network Global/Jaringan Perantau Minang Dunia yang juga merupakan Wakil Komite Tetap UMKM KADIN Pusat bidang Kebijakan Publik dan Pemerintahan.

Narasumber Talkshow diantaranya Herman Malano yang merupakan Ketua Departemen UMKM DPP Gebu Minang dan juga sekaligus Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) Lampung, Iqbal Farabi pengusaha muda sukses Minang yang bergelut di bidang IT (Informasi dan Teknologi) dan juga pengurus KADIN Pusat UMKM bidang IT.

Menariknya, banyak pengurus KADIN Pusat Bidang UMKM adalah urang awak. Wakil Ketua Umum KADIN bidang UMKM adalah Muhammad Lutfi mantan Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang adalah juga orang awak.

Dalam paparannya, Herman Malano menceritakan bagaimana perjuangannya dalam membantu UMKM yang ada di Lampung, bahkan ia menyediakan sebuah mall khusus untuk UMKM dengan harga relarif murah. Herman banyak membantu usaha-usaha kecil, baik dalam bentuk pelatihan, pendampingan bahkan akses modal.

Menurutnya, UMKN merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. UMKM relatif lebih siap dan bisa bertahan ketika ada krisis. Ia sangat mengharapkan agar ada keberpihakan khusus pemerintah terhadap usaha-usaha UMKM, terutama dalam akses modal.

Iqbal Farabi dalam paparannya menekankan pentingnya usaha UMKM beradaptasi dengan perkembangan zaman dan Informasi Teknologi. Apalagi di zaman yang serba online saat ini, UMKM Minang juga harus menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. UMKM perlu mempromosikan dan menjual produk dan usahanya  secara online dan digital. Pangsa pasar bisnis online semakin lama semakin besar apalagi relatif lebih efisien biayanya.

Iqbal Farabi menekankan pentingnya digitalisasi UMKM Minang dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Burmalis Ilyas sebagai Direktur Eksekutif MDN dan pengurus KADIN Pusat bidang UMKM sangat mendukung kegiatan-kegiatan anak muda Minang ini, dan organisasi yang diawakinya menjadi sponsor banyak kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan usaha UMKM Minang dan UMKM lainnya sambil melestarikan adat dan seni budaya Minang disisi lain.

Selain sebagai sponsor, Minang Diaspora juga memanfaatkan momen yang ada untuk mempromosikan Minangkabau Card yang banyak manfaat bagi pemegangnya, dimana akan mendapatkan diskon di ratusan tempat, baik Rumah Sakit, Restoran, Cafe, Kampus, Rumah Makan Padang dan lain sebagainya. Rilis