Sato Sakaki, Cara Ikatan Keluarga Minang Qatar Membantu Dunsanak di Ranah

353

JURNAL SUMBAR | Qatar – Ikatan Keluarga Minang (IKM) Qatar dengan Program Gebuq (Gerakan Seribu Qatariyal) Minang mengadakan acara temu muka dengan petani penerima bantuan sapi di Hotel Bougenville Padang, Kamis (8/8/19). Di waktu bersamaan, IKM Qatar juga meresmikan Sekretariat Penghubung IKM-Q di Padang.

Program Gebuq Minang yang dicanangkan sejak tahun 2016 merupakan program sato sakaki untuk membantu keluarga/masyarakat yang kurang mampu melalui pemberian bantuan bergulir pembiakan/penggemukan anak sapi dalam kurun waktu tertentu. Induk sapi yang sudah dikembalikan akan disalurkan kembali kepada keluarga lain yg membutuhkannya.

Sampai saat ini sudah 10 ekor sapi yang diterima oleh 12 keluarga
di 8 Kabupaten yaitu Pasaman, Agam, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, 50 Kota, Tanah Datar, Swh Lunto Sijunjung, Solok.

Pada kesempatan acara temu muka  dan apresiasi kepada penerima bantuan sapi ini juga dihadiri oleh Walikota Padang yang diwakili oleh Zabenri, Staff Ahli Walikota Padang. Dalam sambutannya, Walikota Padang sangat mengharagai kegiatan Ikatan Keluarga Minang di Qatar.

Pada kesempatan itu hadir pula acara Tokoh Sumbar, Letjend (Purn), Ir. H. Azwar Anas yang duhulunya Gubernur Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Azwar Anas juga sangat mengapresiasi kegiatan sato sakaki yang telah dilakukan oleh IKM Qatar melalui program Gebuq Minang-nya.

Azwar Anas menyebutkan bahwa amal-amal mulia seperti ini harus terus menerus dilakukan. “Orang rantau membantu ranah. Percayalah, perbuatan amal mulia ini akan diganti berlipat ganda oleh Allah SWT,” katanya.

Pembukaan Sekretariat Penghubung IKM Qatar di Padang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Azwar Anas. Pengurus IKM-Qatar adalah, Effendi Damhuri (Ketua), Syahrial Sawadjur (Sekjen), Doni Marjid (Bidang GEBUQ), Samsul Hilal (Bendahara), Ardiwan (Pensehat), dan Ruri Novrian (Anggota). Rilis IKM-Q