Anak-anak Jokowi dan Ma’ruf Amin Mulai Menatap Pilkada

590

 
JURNAL SUMBAR | Jakarta – Pilkada Serentak 2020 tampaknya akan disemarakkan oleh anak-anak pasangan presiden dan wapres terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Ada nama putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka; sang menantu, Bobby Nasution; hingga putri Ma’ruf, Siti Nur Azizah.

Putra Jokowi di Pilwalkot Solo

Nama Gibran muncul di bursa calon Wali Kota Solo. Beberapa pihak menyebut Gibran cocok menjadi pemimpin Solo karena kota asal Presiden Jokowi itu membutuhkan pemimpin berjiwa muda dan visioner.

Harapan Gibran maju dari PDIP sempat dikabarkan kandas karena lantaran ada kandidat kuat internal dari partai berlambang banteng moncong putih itu, Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa, yang mendaftar penjaringan. Namun hari ini, Rabu (18/9/2019), Gibran mendatangi Wali Kota yang juga Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Awalnya Gibran Rakabuming mengaku hanya bersilaturahmi dengan Rudy. Namun ternyata Gibran menanyakan syarat maju Pilwalkot Solo 2020 lewat PDIP.

“Cuma nanya-nanya biasa lah. Tentang bagaimana mekanisme pencalonan dan sebagainya. Ya saya beri paparan,” kata Rudy.

Gibran, yang masih ada di sebelah Rudy, hanya tersenyum mendengar pernyataan tersebut. Tak hanya itu, Gibran juga terlihat mengangguk seolah mengamini pernyataan Rudy.

Rudy melanjutkan, ada beberapa syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon peserta Pilkada 2020. Antara lain memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP.

“Kalau daftar syaratnya ada. Harus KTA, ada tes. Yang beri rekomendasi itu DPP, saya hanya mengantar kader PDIP,” kata dia.

Sekali lagi, tampak Gibran berulang kali menganggukkan kepalanya dan kadang tersenyum saat mendengar penjelasan Rudy tersebut.

Soal apakah akan bergabung dengan PDIP seperti ayahnya, Gibran menjawab singkat. Gibran sedang menunggu waktu yang pas untuk daftar menjadi kader PDIP.

“Ya nanti saja. Nanti kalau waktunya sudah pas,” jawab Gibran.

Setelah bertemu dengan Rudy, Gibran berbicara soal kebutuhan solo terhadap sosok pemimpin muda. Menurutnya, Solo membutuhkan sentuhan anak muda agar lebih maju.

“Intinya apa yang sudah dikerjakan Pak Rudy selama ini baik sekali. Sudah membuat Solo lebih maju. Ada sedikit masukan, Solo butuh sedikit sentuhan anak muda,” urai Gibran.

Dia menjelaskan bahwa sentuhan anak muda dibutuhkan untuk beberapa hal. Seperti dalam pemanfaatan teknologi dan media sosial.

“Kreativitas anak muda, pemanfaatan teknologi, pemanfaatan social media itu penting,” tuturnya.sunber;detik.com
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here