Dibuka Sekdakab Sijunjung, Rakor Distan Bahas Penyakit Hewan Menular

Jurnal Sumbar


JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pertanian Sijunjung adakan acara Rapat Koordinasi (Rakor) penyakit hewan menular strategis dan zoonosis. Rakor tersebut dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung pada Jum’at (6/9/2019).

Rapat tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, AP.M.Si dan diikuti oleh 100 peserta terdiri dari Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung, Kepala Puskesmas, Ketua PORBI se Kabupaten Sijunjung, KNPI dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Sekdakab Zefnihan menyampaikan, bahwa dalam pengendalian penyakit zoonosis Indonesia dan semua negara di dunia masih menghadapi permasalahan penyakit hewan yang secara alami dapat menular ke manusia atau sebaliknya yang disebut zoonosis.

Masalah zoonosis perlu dikendalikan karena dalam kondisi tertentu dapat berpotensi menjadi wabah atau pandemi. Ancaman zoonosis di Indonesia maupun di Dunia cenderung meningkat dan berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, keamanan dan kesejahteraan rakyat.

PERANTAU SIJUNJUNG

” Untuk itu, kepada semua peserta yang hadir mudah mudahan dapat melahirkan konsep tentang peningkatan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dini dan merespon wabah penyakit bersumber hewan kedepan yang sesuai dengan dinamika masyarakat serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan diberbagai sektor,”ujar Zefnihan.

Kadis Pertanian Ir. Ronaldi selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan dari rakor ini, “Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi lintas sektoral terkait penyakit hewan menular strategis dan zoonosis,”ucapnya.

Untuk kelancaran dan kesuksesan acara rakor ini lanjur Ronaldi, Dinas Pertanian mendatangkan Narasumber dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat yang menyampaikan materi situasi penyakit hewan menular strategis dan zoonosis di Sumbar dan tantangannya

Kemudian Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan materi tentang situasi penyakit zoonosis di Sumbar dan Kepala Balai Veteriner Bukittinggi yang akan menyampaikan gambaran laboratoris PHMSZ di Kabupaten Sijunjung,” ujar Kadis Ronaldi.Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pertanian adakan acara Rapat Koordinasi (Rakor) penyakit hewan menular strategis dan zoonosis yang bertempat di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung pada Jum’at 6 September 2019.
andri
editor; saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.