Dampingi Sekjen, Kabiro “Syfrizal” Umum Kemenag RI Ikut Salurkan Bantuan ke Maluku

“Yakinlah, biasanya orang yang diuji itu akan dinaikkan derajatnya oleh Tuhan. Orang yang tidak pernah diuji dia tidak akan pernah mengetahui levelnya”

JURNAL SUMBAR | Ambon – Kementerian Agama (Kemenag) RI salurkan bantuan gempa dan tanah lonsor ke Provinsi Maluku. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp3,1 milyar. yang dilaksanakan pada Jumat (4/10/2019) lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Umum Kemenag RI, Drs Haji Syafrizal ,MSi Intan Kayo kepada awak media, Minggu (6/10/2019) malam. Menurut kandidat kuat bakal calon bupati (Bacalbup) Sijunjung 2020 itu, bantuan sebanyak Rp3,1 milyar tersebut disalurkan dari dana tali asih ASN Kemenag sebesar Rp1,1 serta dana DIPA APBN Ditjen Bimas Kristen sebanyak Rp2 milyar.

Bantuan dana tali asih tersebut diserahkan langsung Sekjen Kemenag, M Nur Kholis Setiawan bersama Tim Tanggap Darurat Bencana Kemenag Syafirzal. Sedang bantuan yang bersumber dari DIPA diserahkan oleh Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury.

“Bantuan itu diberikan untuk ASN Kemenag dan rehab infrastruktur pendidikan dan keagamaan yang terdampak gempa di Ambo,”jelas Syafrizal putra asli Sungaijodi Lubuktarok, Sijunjung, Sumbar itu.

Prosesi penyerahan bantuan belangsung di Gedung Balai Diklat Keagamaan (BDK) Waiheru, Kota Ambon, pada Jumat (4/10/2019). Dalam penyerahan tersebut juga dihadiri Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad, Rektor IAKN Ambon, Agustina Ch Kakiay, Rektor IAIN Ambon, Hasbullah Toisuta, Forkominda Provinsi Maluku dan ASN Kemenag Provinsi Maluku juga hadir. 

Sekjen Kemenag M Nur Kholis Sertiawan dalam penyarahan bantuan yang dibalut dengan silaturahim dengan keluarga besar ASN Kemenag Maluku mengatakan, bantuan yang berasal dari ASN Kemenag se-Indonesia itu merupakan bentuk ikatan batin, kebersamaan dan kekeluargaan dari keluarga besar Kemenag RI.

“Makna dari bantuan ini bukan semata-mata pada angka besar atau pun kecil. Semuanya ini memiliki makna lebih sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan dari keluara besar Kementerian Agama,” kata M Nur Kholis Setiawan seperti dikutif Kabiro Umum Kemenag RI, Syafrizal.

Epi

“Yakinlah kita semua memiliki empati dan yakinlah kita semua mendoakan saudara-saudara kita di Ambon dan sekitarnya agar diberi kesabaran dan ketabahan,”tambah Sekjen seperti dikutif Syafrizal.

Sekjen berharap dengan kebersamaan dari segenap keluarga besar Kementerian Agama itu akan muncul kekuatan baru dan energi positif bagi ASN Kemenag Maluku dalam mengabdikan diri dan menjalankan tugas sebagai ASN Kemenag dengan sebaik-baiknya.

“Yakinlah, biasanya orang yang diuji itu akan dinaikkan derajatnya oleh Tuhan. Orang yang tidak pernah diuji dia tidak akan pernah mengetahui levelnya. Saya menyampaikan salam dari ASN seluruh Indonesia melalui bantuan yang kita salurkan sebagai bentuk ikatan batin dan persaudaraan,” tandas Sekjen seperti dikutif Kabiro Umum Kemenag RI itu.

“Bantuan ini berasal dari DIPA Ditjen Bimas Kristen. Kami berikan ke Kanwil Kemenag Maluku untuk mengelalola lebih lanjut,” kata Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury.

Menurut Thomas Pentury, selain kerusakan bangunan rumah, tempat ibadah, gedung pendidikan dan lainnya, gempa juga berdampak pada psikologis masyarakat Maluku.

Untuk itu, lanjut Thomas, Ditjen Bimas Kristen juga akan membangun kerohanian masyarakat melalui program trauma healing.

“Ini kita programkan trauma healing bagi pengungsi. Pembenahan psikologi, dan ada juga rehab ringan rumah ibadah dan lembaga pendidikan,” tegas Thomas Pentury.

Selain bantuan rehab bangunan, Ditjen Bimas Kristen juga fokus membantu jemaat yang sedang mengungsi. “Kami akan melihat prioritas bangunan yang rusak berat dan ringan, namun lebih fokus pada jemaat yang sedang mengungsi,” tutup Thomas Pentury.

Berikut rincian peruntukan bantuan sebesar Rp1,1miliar yang bersumber dari ASN Kemenag se Indonesia:
I.  50 orang terdampak x 2,5 juta 
II. 1 orang wafat x 5 juta 
III. 7 Masjid x 50 juta 
1. Masjid Al Hikmah IAIN 
2. Masjid Jami Liang    
3. Masjid Nurul Huda    
4. Masjid Al Khairiah    
5. Masjid Nurul Hijrah    
6. Masjid An Nuur    
7. Masjid Isiya Ulumudin Kalapa Dua SBB
IV. 2 Gereja x 50 juta       
1. Gereja GBI 
2. Gereja Katolik ST Yosep Paso
V. 5 Ponpes x 30 jt 
1. Salafia Isha   
2. Al Anwar    
3. Sufa Hisbullah    
4. Nadin Ulumudin    
5. Al Anshor Liang
VI. 3 Madrasah negeri x 50 juta
1. MAN 1 Ambon    
2. MAN 1 Tulehu    
3. MI Al Hidayah
VII. 3 Madrasah swasta x 30 juta
1. MTsS Al Ikhlas Kelapa Dua    
2. MAS Al Ikhlas Kairatu  
VIII. Mushola Wailusung 50 juta
Usai menyerahkan bantan Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan bersama Dirjen Bimas Kristen dan rombongan meninjau kampus IAIN Ambon yang terdampak gempa dan tanah lonsor.rilis
editor;saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.