Angin Kencang Landa Payakumbuh, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

592

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Kota Payakumbuh kembali dilanda hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu (10/1/2019) sore. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan menimpa beberapa bangunan sehingga mengalami kerusakan cukup parah.

Bahkan, akibat peristiwa tersebut sejumlah wilayah mengalami pemadaman aliran listrik seperti di Kawasan Jalan Prof. M. Yamin. Serta arus lalulintas dari arah Payakumbuh menuju Simpang Bukit Sitabur terpaksa dialihkan menuju ke arah Padang Tangah Payobadar.

Karena Pohon Beringin besar yang berada di Simpang Bukit Sitabur Tumbang dan menghambat arus lalulintas. Tumbangnya pohon beringin tersebut tidak saja menghambar lalulintas dan menimpa rumah dan kedai warga, namun juga disebut-sebut menimpa sebuah mobil pribadi yang tengah terparkir.

Mendapat kabar tersebut, Walikota Riza Falepi bersama Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten II Elzadaswarman, dan jajaran OPD lainnya turun langsung menuju lokasi.

Walikota menginstruksikan kepada OPD terkait untuk cepat melakukan pembersihan kepada pohon-pohon yang tumbang, khusus kepada beringin yang melintang di jalan Payakumbuh-Lintau.

“Salahsatu yang paling besar adalah pohon beringin didepan simpang SMAN 2 Payakumbuh yang tumbang, membuat lalu lintas Payakumbuh-Lintau tertutup dan tidak bisa dilalui, untuk itu kita minta kepada BPBD, Damkar, PU, Lingkungan Hidup dan Satpol PP melakukan pembersihan segera,” kata Walikota Riza.

Di tempat lain, kelurahan Sicincin mengalami kerusakan parah di beberapa titik, bahkan rumah warga ada yang di timpa pohon tumbang. Didampingi Camat A. Arifianto Walikota berpesan kepada petugas yang bekerja di Sicincin untuk mengutamakan keselamatan dalam bekerja, listrik juga mengalami pemadaman akibat pohon yang tumbang menimpa kabel listrik.

“Kalau perlu pakai genset biar cukup penerangan dalam bekerja malam ini, pokoknya ini harus segera kita tangani dengan cepat, jangan dibiarkan karena akses lalu lintas dapat terganggu,” kata Riza Falepi.

Malam ini Walikota akan menggelar rapat penanganan bencana di Rumah Dinas. (RD)