Berinovasi Di Bidang Otomotif, Korem 032/WBR Kembangkan Kendaraan ATV

121

JURNAL SUMBAR | Padang – Prajurit TNI ternyata tidak hanya berkemampuan tempur untuk menjaga kesatuan NKRI saja, tapi bisa juga berinovasi di bidang otomotif. Tak percaya?

Buktinya, apa yang telah dilakukan Korem 032/Wirabraja yang mampu membuat sebuah terobosan dalam bidang otomotif dengan merakit sebuah Motor All Terrain Vehicle (ATV) dengan memanfaatkan mesin motor Honda GL 100 yang sudah tidak digunakan lagi. Motor ATV yang terkenal sebagai kendaraan yang bisa melalui segala medan ini sangat cocok untuk mendukung tugas TNI.

Mengingat medan tugas TNI dilapangan yang beragam terutama pada saat melakukan tugas operasi maupun bagi prajurit yang bertugas dikewilayahan, karena mudah dikemudikan baik dalam kondisi jalan basah, naik, atau turunan bukit. Dengan kekuatannya ATV ini bisa melewati medan medan yang tidak bisa dilewati oleh sepeda motor biasa.

Dalam perakitannya Tim modifikasi Korem 032/WBR mencoba memadu-padankan bahan-bahan material yang ada untuk mewujudkan motor ATV yang diinginkan. Untuk sasis kendaraan,tetap memanfaatkan sasis yang telah ada dengan sedikit menambah fungsi dibeberapa tempat. Sementara untuk dapur pacu digunakan dari mesin motor Honda GL 100, dimana untuk sistem pengapiannya sudah mengalami modifikasi dari Accu basah menjadi Accu kering.

Guna meraih hasil yang maksimal, selenoid yang ada awalnya berbentuk silinder diganti dengan bentuk lain yang diadopsi dari motor yamaha mio. Salah satu keunggulan hasil modifikasi ini adalah dengan diletakkannya Air cleaner di tempat yang lebih tinggi dan socket yang mengarah ke koil dilengkapi dengan auto seller agar tidak kemasukan air (Waterproof). Sehingga motor ATV ini mampu melewati medan yang kondisi alamnya berair.

Ide yang datang dari Komandan Korem 032/WBR Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo ini awalnya dimaksudkan untuk mengarahkan para prajuritnya agar selalu berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu, perakitan ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan kemampuan para prajuritnya yang memiliki bakat di bidang otomotif agar dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan dapat diterima dimasyarakat serta bisa mendukung tugas pokok dari TNI AD nantinya.

Korem 032/WBR sudah banyak melahirkan ide, inovasi, dan produk kreasi guna mendukung kemajuan TNI AD. Dimana salah satu hasil dari inovasi ini juga mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari pada saat berkunjung ke Korem 032/WBR beberapa waktu yang lalu. Nantinya Kendaraan ATV ini akan digunakan perdana dalam mendukung tugas Satgas Yonif 133/YS di perbatasan RI-Malaysia.

Dengan inovasi yang telah dibuat oleh Korem 032/WBR ini, diharapkan kendaraan ATV ini nantinya dapat digunakan oleh satuan operasional di jajaran Korem 032 guna mendukung tugas-tugas TNI.penrem 032/wbr
editor;saptarius