Buka Bimtek Komunitas Desa dan Usaha Pangan di IV Nagari, Ini Kata Bupati Yuswir Arifin

90

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Keamanan pangan merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh setiap produk makanan yang akan diedarkan atau pun dikonsumsi masyarakat

Hal itu disampaikan Bupati Sijunjung, Haji Yuswir Arifin pada saat membuka Bimtek komunitas desa dan usaha pangan desa di Kantor Walinagari Palangki Kecamatan IV Nagari pada Jumat (29/11/ 2019).

Acara itu dihadiri Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Padang, Staf Ahli Bupati, Masharyanto, SE, Kepala OPD, Camat dan Forkopincam Kecamatan IV Nagari, Wali Nagari Palangki dan diikuti oleh 35 Kader keamanan pangan Nagari Palangki.

” Banyak masyarakat yang belum memahami dan mengetahui bahwa penanganan makanan yang salah mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan dan juga terutama gangguan pertumbuhan bagi anak yang mengkonsumsinya,”ujar Bupati Yuswir Arifin.

Dengan adanya kegiatan Bimtek ini lanjut Bupati Yuswir Arifin, diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, sekaligus memperkuat ekonomi desa sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk meningkatkan status gizi maayarakat.

“Dengan dilaksanakanya kemitraan menuju nagari pangan aman dalam rangka Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) diharapkan terbentuk kemandirian masyarakat nagari dalam menerapkan keamanan pangan di wilayah masing masing,” harap Bupati Yuswir Arifin.andri
editor; saptarius