Di Kementerian, Wabup RJM Memakai Kostum Melayu Sebagai Jatidiri Daerah

549

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Wajah sumringah ditebar Wabup Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan sejak memasuki Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pagi Selasa (19/11/2019). Dengan busana khas melayu, Wabup tampak lebih gagah dari biasa. Pagi ini dia akan menerima piala sekaligus piagam Swastisaba Wistara untuk Kabupaten Dharmasraya. Acara itu akan dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Terawan Putranto.

Swastisaba Wistara ini merupakan supremasi kabupaten sehat. Artinya, Kabupaten Dharmasraya dengan segala plus dan minusnya telah memenuhi syarat untuk dinyatakan sebagai kabupaten sehat, punya fasilitas kesehatan memadai, pelayanan keaehatannya baik, warganya menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian dan masih banyak kriteria lainnya. Tentu ini sesuatu yang bisa membuat Pemkab Dharmasraya bersama segenap warganya bangga.

Dengan balutan busana melayu warna kuning keputihan, Wabup RJM rampak percaya diri. Sebab Kabupaten Dharmasraya sudah yang kedua kalinya menerima Swastisaba Wistara. Sebelumnya sudah tiga kali dan jika ditotal sudah lima kali Swastisaba bertengger di lemari pajangan Pemkab Dharmasraya. Tidak banyak kabupaten yang dapat mengukuhkan diri menerima Swastisaba Wistara.

Memang, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, dr. Rahmadian, semenjak kabupaten berjuluk Ranah Cati Nan Tigo dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan H. Amrizal Dt. Rajo Medan, semangat rakyatnya untuk hidup sehat terus menggelora. Kecintaan rakyat terhadap duo pemimpinnya telah menginspirasi untuk penerapan prinsip hidup sehat.

Apalagi, kata Rahmadian, Pemkab Dhamasraya memberikan dukungan penuh terhadap segala upaya jajaran kesehatan untuk memasyarakatkan hidup sehat. “Paling tidak bupati akan menyediakan waktu untuk hadir pada setiap acara Germas. Kemudian bupati juga memberikan instruksi agar OPD terkait untuk bersama sama mensukseskan acara Germas,” kata Rahmadian.

Pengelolaan sampah juga dicatat mengalami perbaikan. Penambahan fasilitas kebersihan, mulai dari tong sampah, truk pengangkut sampai pada pengolahan sampah sudah lumayan bagus. Penataan kawasan untuk mencegah praktek yang tidak sesuai dengan kaidah kesehatan juga sudah dikakukan. “Saya kira setiap tahun ada saja peningkatan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Karena itu kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” imbuh Rahmadian.

Swastisaba Wistara itu dijadwalkan akan diserahkan pada Selasa (19/11/19) di Kementerian Dalam Negeri oleh Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Putranto. Bupati Sutan Riska mengutus Wabup RJM untuk menerima piala Kemenkes itu bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Rahmadian. “Ini akan menambah semangat kita semua warga Kabupaten Dharmasraya untuk bekerja lebih giat lagi dan menerapkan prinsip hidup sehat sehari-hari,” kata Rahmadian.humas
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here