Peringatan Hari Pahlawan di Asam Jujuhan Berlangsung Khidmat, Camat Bacakan Pidato Mensos

146

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya pada Minggu (10/11/2019) itu berlangsung khidmat.

Kegiatan yang dilangsungkan di SMA Negeri 1 Asam Jujuhan itu diikuti ratusan peserta yang terdiri dari berbagai unsur di Kecamatan Asam Jujuhan. Dalam barisan kehormatan nampak hadir Kepala KUA Kecamatan Asam Jujuhan Hendra Ardinata, Kepala Puskesmas Boy Hendri, Walinagari Sungai Limau Muslim, Walinagari Alahan Nan Tigo M Ramdhani, Walinagari Lubuk Besar Burhanudin dan Wali Nagari Sinamar Marzuki, sedangkan Walinagari Tanjung Alam diwakili Sekertaris Nagari.

Di barisan yang sama juga hadir, Sekcam Asam Jujuhan M. Haris, Kepala SDN 1 Sungai Limau Lilis Suryani, Kepala SMAN 1 Asam Jujuhan Efrita Yanti, PKK Ketua TP PKK Asam Ny. Ayu Imam Mahfuri beserta Ketua TP PKK Sinamar. Sedangkan barisan peserta terdiri dari satu pleton perangkat Nagari, satu pleton Korpri, satu pleton siswa siswi SMAN 1 Asam Jujuhan dan satu pleton Siswa SMPN 1 Asam Jujuhan.

Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Asam Jujuhan Imam Mahfuri, Komandan Upacara Babinsa Sinamar Serda Yos Mendri, Perwira Upacara Kasi Pemerintahan dan Trantib Ronal, dan Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 Guru SMAN 1 Asam Jujuhan Zalmi.

Camat Asam Jujuhan selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia menyampaikan bahwa Peristiwa perang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.
“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari kita” ujarnya.

Imam Juga mengutip perkataan Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu, dia ingin peringatan Hari Pahlawan ini membangkitkan rasa cinta pada para pahlawan.

“Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Bagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah Aku Pahlawan Masa Kini, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI,” paparnya. humas
editor; saptarius