Ruhana Kudus Resmi Jadi Pahlawan Nasional

114

JURNAL SUMBAR | Agam – Ruhana Kudus secara resmi dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional, melalui upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara. Keberhasilan menelurkan gelar Pahlawan Nasional bagi Ruhana Kudus, menambah jumlah pahlawan nasional yang berasal dari Agam menjadi 7 orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Hartati menjelaskan bahwa upaya dan pengusulan Ruhana Kudus menjadi pahlawan nasional sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, nama Ruhana Kudus sempat menjadi nominasi penerima gelar tersebut, namun gagal. Barulah akhirnya di pengujung tahun 2019 ini akhirnya gelar pahlawan nasional tersebut disematkan.

Gelar tanda Pahlawan Nasional diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada ahli waris dari Almarhumah Ruhana Kudus, yaitu cucu beliau yang bernama Janeydi Juni. Turut hadir mendampingi ahli waris dalam menerima penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi, Bupati Agam Dr. H. Indra Catri beserta Ibu, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam Rahmi Hartati.

Indra Catri pada wawancara bersama rekan-rekan pers sesaat setelah penganugerahan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Presiden dan Pemerintah Pusat atas gelar Pahlawan Nasional yang diberikan. Ia berharap peristiwa besar ini akan semakin memacu generasi penerus untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik bagi bangsa dan negara, khususnya bagi Sumatera Barat dan Agam.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bupati Agam dua periode ini, upaya pengusulan sejatinya sudah dimulai sejak tahun 2017 melalui semua instansi terkait seperti Dinas Sosial Kabupaten Agam, TP2GD, Dekranasda dan BKOW Provinsi Sumatera Barat, serta Yayasan Ruhana Kudus.

“Alhamdulillah. Akhirnya beliau menerima penghargaan dan pengakuan yang memang sangat pantas beliau terima,” ujar Indra Catri, Jumat (8/11/2019)

Dengan gelar Pahlawan Nasional yang diraih Ruhana Kudus hari ini, maka dari 17 Pahlawan Nasional yang berasal dari Sumatera Barat, 7 diantaranya adalah “Urang Agam”.sumber; sindo.news.com
editor;saptarius