Sensasi Wisata Air Panas di Lebong Mempesona dan Menajubkan

409

JURNAL SUMBAR | Bengkulu – Kabupaten Lebong adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu dengan ibu kota Tubai, kabupaten ini adalah hasil pemekaran dari kabupaten Rejang Lebong, dengan topografi berbukit dan dan dilalui oleh Bukit Barisan serta Kawasan Taman Nasional jadi tidak heran apabila kabuapten ini banyak tempat wisata alam di yang menarik, seperti air terjun dan lokasi wisata air panas.

Destinasi wisata air terjun di kabupaten Lebong terdapat tidak kurang dari 14 lokasi air terjun yang tersebar di kabupaten Lebong seperti : air terjun Tes, air terjun Telon bunyuk, air terjun Tiek gumacoek, air terjun Urai, air terjun Siapang, air terjun Blau, air terjun Bio Baes, air terjun Aneas, air terjun Tebing serai, air terjun Simalako, air terjun Serangai bukit resam, air terjun Serangai dan air terjun Air ketahun.

Selain 14 lokasi air terjun tersebut, yang tidak kalah menariknya adalah wisata alam air panas sebanyak 4 lokasi seperti air panas Desa tes, air panas Karang dapo, air panas Turun lalang dan air panas Air putih. Diantara sekian banyak wisata alam di kabupaten Lebong yang semuanya mengasikan untuk dikunjungi.
Awak media mencoba menyambangi salah satu tempat wisata alam pada hari Minggu (10 /11/2019) yang senter menjadi perbincangan masyarakat provinsi Bengkulu yaitu wisata alam Air putih, Wisata Air Putih terletak di Desa Air Putih Kecamatan Pinang Berlapis Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Jarak tempuh dari kota Bengkulu menuju ibu kota Kabupaten yaitu Tubai melalui jalur utara lebih kurang 3 jam perjalanan memakai kenderaan roda empat dengan kondisi jalan aspal hotmix dan dari Tubai ke Desa air putih tepatnya lokasi wisata air putih bisa ditempuh dengan perjalanan 0,5 Jam memakai kenderaan roda empat dengan kondisi jalan aspal biasa, wisata air putih ini sudah dikelolah dengan baik oleh pemerintah setempat, lokasi tempat parkir yang luas dengan satu kali kunjungan dikenakan distribusi masuk perorang Rp.5000,- tampa dibatasi jam waktu kunjungan dengan kata lain silakan pengunjung menikmati sampai puas.


Wisata air panas air putih tempat wisata yang terbilang unik, kerena pengunjung bisa merasakan dua suhu yang berbeda, suhu panas dan dingin pada sungai yang sama, selain merasakan sensai panas dan dingin pengunjung juga bisa merasakan, arus air yang deras dan bebatuan yang besar, serta alam yang indah dipenuhi hutan yang masih asri tetap terpelihara, pemandangan perbukitan yang indah disekitar pemandian semakin memanjakan mata pengunjung, di lokasi pemandian air putih awak media sempat berbincang dengan salah seorang pengunjung JOAS (10/11/2019).

“Wisata alam air panas ini adalah tempat wisata pemandian yang unik di Provinsi Bengkulu, kerena ditempat yang sama kita bisa berasakan sensasi yang berbeda, ada air yang panas dan dingin, air panasnya bisa memasak telur cukup dicelupkan ke mata air yang panas selama 5 menit, telurnyasudah bisa disantap” kata joas sambil menujuk kemata air yang keluar dari sela bebatuan yang besar.
serta airnya jernih dan masih asri” kata Joas.
Wisata Air Putih ini ramai dikunjungi oleh wisata lokal Provinsi Bengkulu pada hari hari libur anda penasaran silakan kunjungi keindahan negeri sendiri. jon aidi patopang,S.Sos.
editor; saptarius