Waw..! Tigokorong Lubuktarok Menyimpan Air Terjun Sejuta Pesona yang Masih Perawan

386

JURNAL SUMBAR| Sijunjung – Ternyata Jorong Tigo Korong (TKR), menyimpan wisata alam sangat eksotis yaitu air terjun “Tang Posan”. Wisata alam ini tidak banyak yang mengetahuinya dikerenakan air terjun ini terletak dalam areal perkebunan masyarakat Jorong Tigo Korong (TKR) Kenegarian Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumateta Barat,

Salah satu tips ketika bertanya dimana air terjun “Tang Posan” adalah dengan menanyakan Puskesnas Lubuktarok kerena Puskesmas Lubuktarok berada di Jorong Tigakorong.
Ketika awak media menghubungi salah satu tokoh masyarakat Tigakorong Asrijal Enda Sutan via teelpon pada Senin (11-11/2019) menyebutkan, bahwa Air Terjun Tang Posan tersebut belum banyak diketahui masyarakat dikerenakan lokasi air terjun itu berada di perkebunan dan semak belukar.

“Untuk menuju air terjun ini sekarang sudah bisa dilalui kenderaan roda dua maupun roda empat apa bila kondisi hari panas (jalan kering-red) karena jalan menuju air terjun ini masih jalan tanah yang sedang didoser untuk pelebaran,”kata Asrijal.

Jalan Menuju ke Lokasi Air Terjun Tang Posan

Disebutkan Asrijal Enda Sutan, ketemu Puskesmas terus dari Jorong Tigakorong lanjut menuju air terjun “Tang Posan” untuk menuju air terjun “Tang Posan” ada 3 (tiga) pilihan dengan berjalan kaki ditempuh selama 1 – 1,5 jam, dan bisa juga memakai kenderaaan roda dua dengan jarak tempuh 30 menit dengan kenderaan roda dua ataupun roda empat, yang bisa dipakai haruslah tinggi dan dalam kondisi baik, jika memakai roda empat, jenis kenderaan sejenis mini bus terpaksa menitipkan dengan penduduk di Dusun Tolong tanpa membayar uang parkir.

Kepala Jorong Tigakorong Eri Zulman pada Senin (11/11/2019) mengatakan, Penerintah Nagari maupun masyarakat sedang mengembangkan wisata air terjun “Tang Posan” dengan membuat akses jalan sampai ke lokasi yaitu sebatas jalan tanah” masih kata Eri Zulman semenjak jalan sudah sampai ke air terjun Tang Posan, pengunjung terlihat mulai kelihatan peningkatan, terutama pada hari libur.

Disebutkan Eri Zulmaman, air terjun ini mempunyai keistimewaan, apa bila air sedikit terlihat air terjunnya bertingkat, apabila musin hujan airnya menakjubkan, menambah keindahan air terjun “Tang Posan” dan kolam untuk mandi dan berenang ditambah bebatuan disekiling air terjun seperti diukir berbentuk teras teras semakin menambah keindahan air terjun.

Nah, dibutuhkan kepeduluan Pemkab Sijunjung dalam mengelolanya layaknya sebuah objek wisata yang mampu menarik wisatawan.

Anda penasaran? Nah, silakan kunjungi air terjun Tang Posan ajak teman dekat ataupun keluarga. Jon Aidi Patopang S.Sos.
ediitor: saptarius