Di Hari Juang TNI AD ke-74, Serdadu Kodim 0310/SS Itu Laksanakan Baksos Disambut Warga Bak “Marapulai”

1221

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw..kren! Rombongan anggota TNI Kodim 0310/SS yang dipimpin Dandim 0310/SS, Letkol Dwi Putranto, SAP, MIPol, pada Sabtu (14/12/2019), disambut bak marapulai oleh ratusan masyarakat di Nagari, Aie Anggek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kedatangan rombongan serdadu Kodim 0310/SS itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Juang TNI AD yang ke-74.Selain melakukan bakti sosial (Baksos) para serdadu TNI AD Kodim 0310/SS itu pun memberikan sejumlah bantua pada warga kurang mampu.

Anggota TNI AD Kodim 0310/SS yang dikomandoi Dandim 0310/SS, Letkol Dwi Putranto, SAP, itu benar-benar terlihat membaur dan menyatu dengan rakyat. Betapa tidak, para serdadu itu disambut bak “Marapulai” dan mereka juga dielu-elukan rakyat. Terlihat warga di Aie Angek itu merasa bangga dekat bersama TNI.

Dengan konsep, melalui Hari Juang TNI AD 2019, “TNI AD adalah KITA dan untuk itu KITA jaga Alam dan Alam Jaga KITA dan Geopark Silokek Alam KITA,”setidaknya itu tema dalam rangka
Hari Juang TNI AD ke 74 di Kodim0310/SS yang melaksanakan Baksos itu.

Dalam bakti sosial tersebut berbagai kegiatan dilakukan Kodim 0310/SS dibawa komando Dandim 0310/SS, Letkol Dwi Putranto, SAP,MIPol.

Berikut rangkaian kegiatannya; Pada pukul 08.00 WIB rombongan bergerak bersama para Babinsa, Pers, BPBD Sijunjung, Satpol PP Sijunjung, Dinas Perkim LH Sijunjung, Dinas Parpora & Dinas Kehutanan dengan berkendara motor trabas, Start dan Finish di Makodim 0310/SS.

Dilokasi tujuan, rombongan melaksanakan Baksos di Nagari Aie Angek pemberian sembako pada masyarakat sebanyak 15 paket sembako dan alat pembersih untuk sekolah SDN 5 Sijunjung Aie Angek dilaksanakan di depan kantor Walinagari dengan disambut oleh masyarakat dan anak.

Usai menyerahkan bantuan dan melaksanakan bakti sosial, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Nagari Paru dan disana juga disambut masyarakat dan anak sekolah dengan agenda yang sama pemberian baksos pada masyarakat tidak mampu bertempat di Simpang Tiga Pasar Paru sebanyak 15 paket dan alat pembersih untuk SMPN 40 Sijunjung dan SDN 08 Sijunjung. Dalam kegiatan tersebut rombonagn juga didampingi Camat Sijunjung, Khalfian.

“Alhamdallah, pengadaan paket sembako dan bantuan untuk sekolah didukung oleh Bank BRI, Bank BNI dan Cempaka Honda Motor di Wil. Sijunjung. Dan disetiap pelaksanaan baksos kita pasang banner yang dibawa dalam perjalanan dari titik start Makodim 0310/SS dengan Tema “Melalui Hari Juang TNI AD 2019, TNI AD adalah KITA .. KITA jaga Alam.. Alam Jaga KITA .. Geopark Silokek Alam KITA,”kata Dandim 0310/SS, Letkol Dwi Putranto, SAP,MIPol.

Setelah itu, kata Dandim, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Nagari Mangganti Kecamatan Sumpur Kudus ke SMKN 8 wilayah Koramil 08/Kumanis, tiba sekitar jam 13.00 WIB dilanjutkan Ishoma dengan makan bajamba bersama masyarakat.

Tak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan itu, TNI AD Kodim 0310/SS itu juga melanjutkan perjalanan menuju Nagari Durian Gadang. Menriknya.lagi, di sepanjang bantaran Sungai Silokek itu, para serdadu TNI AD Kodim 0310/SS juga melaksanakan menormalisasi, penghijauan dan pemantauan Geopark Silokek dari penambang liar dan ancaman bahaya Longsor.

Pelaksanaan penghijauan dan normalisasi itu dilakdanakan pada pukul 14.00 WIB. Rombongan tersebut melaksanakan penghijauan dengan menanam tanaman pohon keras. Serta juga dilaksanakan kegiatan di lingkungan SMK Pariwisata bersama TNI AD, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, BPBD, Satpol PP, Perkim LH, Perangkat Nagari, Anak sekolah SMK dan SMP serta juga mengikut sertakan masyarakat.

“Dukungan tanaman di bantu sepenuhnya Oleh Dinas Perkim LH Sijunjung. Kegiatan diperkirakan selesai Pk.16.00 WIB. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan kembali ke Makodim 0310/SS melewati Nagari Sisawah, Padanglaweh, Muaro dan berakhir di Makodim,”papar Dandim 0310/SS, Letkol Dwi Putranto, SAP,MIPol. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here