Peduli Kaum Disabilitas, Bupati Hendrajoni Bagikan Bantuan Kursi Roda dan Tongkat

1099

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Beberapa waktu lalu Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni berhadapan langsung dengan Masyarakat Nagari Tuik IV Koto Mudik usai membuka acara Musrembang di Kecamatan Batang Kapas, dimana beberapa Masyarakat meminta Kursi Roda dan Bedah Rumah.

Permintan dari masyarakat tersebut langsung direalisasi oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni yang punya cara khusus membantu penyandang disabilitas dan bedah rumah di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona ini.

Penyerahan 5 Kursi Roda, tongkat dan 2 Bedah Rumah di Nagari Tuik IV Koto Mudik, Sabtu (22/02/2020) secara langsung diserahkan oleh Istri Bupati Hendrajoni, Lisda Hendrajoni yang kini menjabat Anggota DPR-RI dan sekaligus Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan. Ia langsung menjambangi rumah warga yang membutuhkan kursi roda, tongkat dan Bedah rumah di Nagari Tuik IV Koto Mudik Batang Kapas.

Didampingi Kepala Dinas Sosial Zul Aprianto, Camat Batang Kapas Wendra Rovikto, Kasi Rehablitasi Sosial dan Wali Nagari Tuik IV Koto Mudik beserta Ketua Bamus mendatangi rumah warga yang membutukan Kursi Roda dan Tongkat tersebut.

Pada setiap kunjungan lapangan tersebut, pihaknya acap kali membagikan kursi roda secara cuma-cuma dan untuk bedah rumah.

Meskipun harga kursi roda tidak terlalu mahal, tapi sangat berarti bagi aspek sosial dan psikologis para penyandang disabilitas.

“Dengan adanya bantuan kursi roda ini, kami berharap dapat membangkitkan semangat serta percaya diri bagi kaum disabilitas,” ujar lisda hendrajoni

Dia menyebutkan, penyandang disabilitas selama ini lebih banyak menjalani kehidupannya sehari-hari di kamar, sehingga aktivitasnya sangat bergantung pada orang lain. Bahkan, keterbatasan aktivitas tersebut bisa berjalan selama bertahun tahun.

Menurut data pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pessel, sebagaimana disampaikan Kasi Rehablitasi Sosial, Harmen Sabri, selama tahun 2020 sudah dibagikan kursi roda sebanyak 18 set sebelumnya.

Di antaranya, dua kursi roda di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, dua kursi roda di Basa Ampek Balai Tapan, empat kursi roda di Kecamatan Lengayang dan yang terbaru, juga sudah dibagikan tiga set kursi roda di Kecamatan Batang Kapas dan hingga hari ini 5 Kursi Roda dan Tongkat di Kecamatan Batang Kapas. (RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here