Tinjau Posko Perbatasan Covid-19 di Sijunjung, Gubernur Sumbar Bagikan Sembako Pada Petugas

213

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc , meninjau Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau, tepatnya di Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung, pada Minggu (5/4/2020).

Pada Kesempatan itu Gubernur bersama rombongan disambut langsung Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin bersama Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Forkompinda dan para Kepala OPD terkait di posko gugus tugas penanganan Covid-19.

Sesampai di lokasi Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc.  yang didampingi oleh Kasat Pol PP Sumbar Dedi Diantolani dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Eri melakukan pemeriksaan aktivitas sarana dan prasarana posko dalam melakukan upaya untuk menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19), terhadap orang yang masuk dan keluar melalui perbatasan Sumbar dan Riau.

Selain Itu ia juga menyerahkan logistik, dan alat pelindung wajah untuk petugas di posko.

Ia berpesan kepada petugas di lapangan agar menjaga kesehatan dengan baik, dan mempergunakan alat-alat sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi petugas yang melakukan pemeriksaan di perbatasan.

Setelah dilaksanakan peninjauan rombongan Gubernur tersebut menuju rumah Dinas Bupati Sijunjung untuk makan siang bersama.

” Pengawasan di wilayah perbatasan ini merupakan salah satu upaya kita untuk mencegah penyebaran virus Covid -19 masuk ke Sumbar,” kata Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc.  saat memberi arahan di Rumah Dinas Bupati Sijunjung.

”Semua kendaraan yang melintas harus kita periksa dengan ketat baik itu kepada penumpang ataupun sopirnya, sehingga orang yang masuk ke Sumbar memang benar-benar tidak terkontaminasi dengan virus Covid -19,” lanjutnya.

“Sedangkan untuk orang yang baru datang, kita wajibkan mengisolasi diri secara mandiri,” pesannya.

Ia juga menghimbau Kepala Daerah, Camat, Wali Nagari serta Kepala Jorong agar berperan aktif memantau hasil pemeriksaan administrasi diperbatasan ini agar tetap mengetahui perkembangan covid 19 ini serta memantau masyarakat yang mengisolasi secara mandiri.

Ia juga menghimbau masyarakat agar tetap dirumah saja, kalau tidak ada kepentingan lebih baik di rumah saja dan jangan berkumpul-kumpul.

Dalam peninjauan tersebut Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc.  beserta rombongan juga meninjau lokasi pos perbatasan Sumbar-Riau di Jembatan Timbangan Oto (JTO) Kamang Baru.

Pada peninjauan pos Covid-19 diwilayah perbatasan tersebut gubernur juga didampingi Bupati Sijunjung, Drs. Yuswir Arifin, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan, Dandim 0310/SSD, Letkol Inf.Dwi Putranto, SAP, Mipol, Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto, S.I.K, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Sekdakab Sijunjung, Zefnihan AP, MSi, para Sijunjung, Camat Kamang Baru, Jasril unsur Forkopincam Kamang Baru dan Walinagari Kamang Baru.

Kegiatan yang dilaksanakan selama kunjungan gubernur tersebut, yakni, pemeriksaan alur kendaraan yang masuk dari perbatasan Riau menuju Kabupàten Sijunjung.

Setiap penumpang kendaraan harus dicek suhu badan dan mengisi data pribadi serta kemana tujuan orang tersebut untuk kendaraan yang masuk seputaran sumbar diberikan tanda stiker dikendaraan dan tim gugus tugas akan melaporkan kepada tim gugus tugas daerah yang dituju kendaraan tersebut.

Tak hanya itu, pengecekan terhadap petugas tim gugus tugas percepatan penangan Covid-19 tentang Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari virus corona juga dilakukan.

Bukan itu saja, Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc.  juga memberikan secara simbolis sembako untuk petugas tim gugus percepatan penangan covid -19. Pada pukul 11:10 WIB gubernur beserta rombangan meninggalkan lokasi menuju rumah dinas Bupati Sijunjung di Muaro untuk rapat terbatas dengan Forkofimda dan OPD terkait lainnya.rilis/DJ