BREAKING NEWS; Pasien Positif Terpapar Covid-19 di Sumatera Barat Tembus Angka 252 Orang

730

JURNAL SUMBAR | Padang – Hingga Kamis (7/5/2020) siang ini, pasien positif terpapar Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, mencapai 252 orang. Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal dalam pers rilisnya pada Kamis (7/5/2020).

Ia mengatakan, bahwa untuk hari.ini (Kamis (7/5/2020) terjadi penambahan 14 orang lagi yang terkonfirmasi positif. Artinya, total sampai hari ini telah 252 orang warga Sumatera Barat yang positif terinfeksi Covid-19. Pertambahan sebanyak 14 orang warga Sumbar positif tersebut, berdasarkan hasil swab test Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

“Penambahan pasien positif Covid-19 itu berasal dari dari Kota Padang tiga orang, Kota Payakumbuh dua orang, Kabupaten Padangpariaman dua orang, Tanahdatar satu orang, Bukittinggi dua orang dan Agam  sebanyak 4 orang,” kata Jasman rilisnya pada Kamis (7/5/2020).

Disebutkan Jasman, dari Kota Padang yakni, laki-laki berusia 31 tahun, warga Bungo Pasang, bekerja sebagai cleaning service di rumah sakit, saat ini isolasi dirumah. Kemudian perempuan berusia 47 tahun, warga Kurao Pagang, pedagang dan terinfeksi dengan pedagang Pasar Raya dan dirawat di RSUD Rasyidin Kota Padang .

“Setelah itu, perempuan berusia 52 tahun, warga Balai Gadang, pengelola Panti Asuhan, terinfeksi dengan orang yang sebelumnya telah terkonfirmasi positif dan sekarang di rawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi ,” ujarnya.

Jasman melanjutkan, dari Kota Payakumbuh yakni laki-laki berusia 26 tahun, warga Koto Tuo, pekerjaan sopir dan perempuan berusia 68 tahun, warga Balai Panjang, ibu rumah tangga. Keduanya terinfeksi karena kontak dengan pasien sebelumnya positif dan isolasi mandiri di rumah.

Dari Kabupaten Tanahdatar, perempuan berusia 30 tahun, warga Panyalaian, terinfeksi dari warga Panyalaian sebelumnya telah dinyatakan positif dan sekarang isolasi mandiri di rumah.

Dari Kabupaten Padangpariaman , perempuan berusia 60 tahun, warga Korong Duku, Ibu Rumah Tangga dan perempuan berusia 68 tahun, warga Korong Duku, Ibu Rumah Tangga. Keduanya terinfeksi karena kontak dengan yang telah terinfeksi sebelumnya dan dirawat di RS Semen Padang Hospital (SPH).

Ditambahkan Jasman, dari Kota Bukittinggi , perempuan berusia 39 tahun, warga Mandiangin, CS Rumah Sakit, dan perempuan berusia 46 tahun, warga Tilatang Kamang, petugas Laboratorium. Keduanya juga isolasi mandiri di rumah.

“Dari Kabupaten Agam , ke 4 orang positif tersebut perempuan berbagai usia, yakni 40, 44, 29, 45 yang bekerja di Puskesmas Baso, dan semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah,” tuturnya.

Dilaporkan Jasman, pasien yang sembuh sebanyak 3 orang, yakni, laki-laki berusia 57 tahun, warga nagari Koto Laweh Kabupaten Dharmasraya , wiraswasta, terpapar saat ada acara di Gowa Makasar. Kemudian perempuan berusia 54 tahun, warga Jati Kota Padang , wiraswasta, terinfeksi dari anaknya yang pulang dari Jogjakarta, dan perempuan berusia 45 tahun, warga Toboh Tangah Padang Sintuak Kabupaten Padang Pariaman , ibu rumah tangga.

Dari 252 orang tersebut, dapat dirinci 110 orang dirawat diberbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri di rumah 54 orang, Bapelkes 13 orang dan di BPSDM 18 orang, meninggal dunia 16 orang dan sembuh 41 orang.rilis