Wujudkan Pelayanan Prima, Lolong Belanti Padang Siap Menuju E-Kelurahan

74

JURNAL SUMBAR | Padang — Rini Anggraini, S.STp, MSi, Lurah Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara, Rini Anggraini, S.STP, Msi mengungkapkan, bahwa kelurahan yang dipimpinnya, siap menuju pelayanan berbasis digital dalam upaya menuju Pelayanan Prima untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat.

“Warga masyarakat Lolong sudah dapat dilayani secara online. Dengan pelayanan E-Kelurahan warga tidak perlu lagi bolah balik ke kantor kelurahan untuk mengurus berbagai dokumen. Warga cukup dengan membuka smartphone dan mengakses aplikasi e-kelurahan”, ungkap Rini Anggraini Senin kemaren 14/9 di sela sela kesibukan memberikan petunjuk kepada beberapa orang Ketua RW yang akan melaksanakan Musyawarah RW untuk pemilihan Ketua RW yang baru.

Menurut Lurah perempuan alumni STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) ini, bahwa pelayanan e-kelurahan ini adalah bagian dari program smart city, Pemerintah Kota Padang. Smart City adalah kota yang memberikan pelayanan cepat, tepat, efisien dan efektif serta pelayanan yang mudah kepada warganya.

Setidaknya ada 12 layanan dasar yang dapat diberikan kepada warga secara online di kelurahan yaitu antara lain Surat pengantar nikah ada 3 jenis, surat keterangan tidak mampu perorangan dan keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili usaha, surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan kematian, surat keterangan ahli waris dan surat keterangan kehilangan.

Lurah yang juga alumni S2 di LAN (Lembaga Administrasi Negara) ini menjawab wartawan menyatakan, bahwa program e-kelurahan ini online dengan sistim yang dikembangkan oleh kantor Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kota Padang dan juga online dengan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu) Kota Padang.

“Semua dibuat mudah, warga masyarakat tidak boleh dibuat susah. Setiap pelayanan harus dibuat prima. Ini perintah Pak Walikota Padang Mahyeldi” ujar Lurah terlama, yang sudah 5 tahun bertugas di Kelurahan Lolong Belanti ini.

Menurut data, Kelurahan Lolong Belanti memiliki luas, 1.5 km2, terletak di jantung kota Padang, berpenduduk sekitar 7.000 jiwa dengan jumlah kepala Keluarga sebanyak 1250 KK, dengan 7 RW dan 32 RT.

Kelurahan ini merupakan pusat Pemerintahan Kecamatan, terdapat 4 SLTA (SMA1 Padang, SMK 5, SMA Azkia, SMK Teknologi Plus), 2 SLTP (SMP 7 dan SMP 25), 4 perguruan tinggi dan 4 SD serta beberapa PAUD.

Urusan warga masyarakat ke kantor kelurahan pada saat ini yang paling tinggi adalah mengurus dokumen surat izin usaha dan dokumen nikah. Dengan adanya pelayanan e kelurahan ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat dan berintegrasi lansung satu dengan yang lain. Kita mesti mengurangi banyak pertemuan untuk menekan penyebaran virus covid 19 ini, kata Rini Anggraini mengakhiri. (Shm/Agusmardi)