Puluhan Mahasiswa dan Pemuda di Dharmasraya Lakukan Aksi Damai

203

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Puluhan mahasiswa dan pemuda di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melakukan aksi damai dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Aksi tersebut dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat. Kegiatan aksi damai mahsiswa tersebut diawali dengan lagu pemuda bergelora dengan penuh semangat sumpah pemuda.

Pada Selasa (27/10/2020) itu, dengan membawa spanduk yang bertuliskan “Sumpah pemuda, bukan sampah pemuda” puluhan pemuda ini terus menggelorakan samagat lewat sejumlah puisi yang siap membangunkan pemuda nan tertidur pulas.

Dalam orasinya, para pemuda itu dengan suara lantang meminta agar pemerintah untuk tidak membungkam suara pemuda, suara mahasiswa dalam menyuarakan hari sumpah sebagai bentuk penggerak pemersatu bangsa.

“Dengan peringatan hari sumpah pemuda ke-92 ini, kami berharap agar para pemuda bangsa ini, untuk bangun dari tidur dan terus berjuang selamatkan negara ini,” kata Kordinator aliansi pemuda dan mahasiswa, Abdi Saputra, kepada awak media.


Dikawal Aparat Keamanan, Puluhan Aliansi Pemuda dan Mahasiswa gelar aksi damai jelang peringatan hari sumpah pemuda

Ditengah panasnya terik matahari, para mahasiswa dan pemuda Dharmasraya itu terus berorasi saling bergantian seolah tak melemahkan semangatnya untuk membakar semangat pemuda dalam menyelamatkan pembungkaman terhadap pemuda dan mahasiswa untuk menyuarakan kebenaran.

Sebagai bentuk peringatan hari sumpah pemuda dan membangunkan pemuda dari tidur panjangnya, para orasi meminta agar PJs Bupati Dharmasraya, H.Amrizal Dt Rajo Medan, untuk membaca sumpah pemuda serta membacakan Pancasila.

“Kita berterima kasih dan Alhamdulillah, puluhan pemuda ini telah membangunkan samangat hari sumpah pemuda,” kata Amrizal Dt Rajo Medan.

Dirinya meminta, agar puluhan pemuda yang tergabung dalam orasi ini, untuk tidak sebatas orasi saja, tetapi lebih pada mempersiapkan diri dalam membangun negeri ini dan menjadi motofasi bagi pemuda lainya.

“Seperti yang digelorakan oleh bung Karno, berikan kami 10 pemuda maka akan kami guncang dunia, begitu betul pentingnya pemuda bagi negeri ini,” tegasnya memberi samangat.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Dharmasraya, Kompol M.Rifa’i, menyebutkan, bahwa dalam pengawalan orasi tersebut, kurang lebih 200 personil yang mengawal aksi jelang peringatan hari sumpah pemuda ke- 92 dihalaman kantor bupati setempat dikerahkan.

“Jumlah itu, gabungan seluruh personil, kepolisian, TNI, Pol PP dan Dishub, namun tidak masuk anggota Intel,” katanya singkat.

Hadir dalam menyambut para orasi tersebut, Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, Dandim 0310 SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Sekda, Adlisman dan sejumlah SKPD lainnya. eko