Tidak Aktiv Jadi Politisi, Mirwan Pulungan Pilih Tanam Jagung di Pasaman Barat

220

JURNAL SUMBAR | Pasaman — Mirwan Pulungan, tokoh asal Pasaman Barat yang beberapa tahun belakangan aktiv menjadi politisi sebagai Wakil Ketua DPD Golkar, saat ini beralih menjadi petani ladang. Tak ayal 8 hektar kawasan jagung modren di Kanagarian Silaping, Kecamatan Ranah Batahan, Pasbar telah menjadi garapannya.

Melalui whatsappnya, Selasa (27/10/2020), Mirwan Pulungan mengungkapkan kembali kumpul dengan keluarganya dan memilih menjadi petani. 8 hektar lahan jagung saat ini sudah tuntas ditanamnya.

“Saya targetkan 10 hektar kawasan jagung modren di Silaping. Saat ini baru 8 hektar yang baru teralisasikan, dengan harapan capaian produksi 10 ton perhektar” cerita Mirwan Pulungan.

Mirwan menjelaskan bahwa dalam aktivitas sebagai petani ladang saat ini, dirinya juga mengajak para pemuda untuk ikut serta, karena budidaya jagung sudah mulai membaik dari segi produksi dan pemasarannya, ketika produksinya jagung melimpah. Saat ini sudah banyak dibangun pabrik pengolah pakan ternak dan belum lagi banyak pihak yang sudah memberikan garansi bis amenampung berapapun panen jagung.

Sementara dari sisi varietas-varietas benih unggulan cukup berkembang baik, salah satunya varietas benih jagung hibrida dengan keunggulan masing-masing. Salah satunya benih Dekalb DK959 yang cukup sukses ditanam. (Agusmardi)