Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sijunjung Tembus Angka 257 Orang, Perda AKB Tak Jalan

548

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Perda Pemprov Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, terkesan tidak ada tindak lanjut dari Perda tersebut.

Tak ayal, warga terkonfirmasi positif Covid-19 pun terus kian merangkak. Bahkan pada Jumat (16/10/2020) warga terkonfirmasi Covid-19 tembus angka 257 orang.


Rizal Effendi

“Hari ini, (Jumat, 16/10/2020-red) warga positif bertambah delapan orang lagi. Kebanyakan dari klaster rumahan. Warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 ada 46 orang dan warga yang sembuh dari Covid-19 capai 148 orang dan meninggal enam orang,”kata Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, Sumatera Barat, selaku Juru Bicara Penanggulangan Penanganan Covid-19, Rizal Effendi, kepada Jurnalsumbar.Com pada Jumat (16/10/2020).Berikut klasteran hari ini;

Disebutkannya, warga suspek ada tiga orang dan dirawat di RS M Djamil Padang. Sedangkan jumlah warga dalam perawatan dan terkongirmasi ada 103 orang lagi, terdiri dari, 41 laki-laki dan 62 perempuan.

Terkait soal tak jalannya Perda Pemprov Sumbar Nomor 6/2020, tak dipungkiri Razal. “SK-nya saja belum terbit gimana mau jalan. Kita terlambat dalam pemberlakukan Perda AKB. Tak mungkin lah tanpa SK bisa jalan itu sama saja illeggal, tanya saja langsung ke Kadis Satpol PP (pak Efigon-red) karena itu ranahnya Satpol PP,”jelas Rizal.

Hingga berita ini tayang, Kepala Dinas Satpol PP, Efigon, tak berhasil diperoleh konfirmasi soal pemberlakuan Perda Pemprov Sumbar soal AKB itu. Bahkan telepon selularnya (HP.08126182xxx) pun tak diangkat.

Disisi lain, Rizal mengatakan, akibat membludaknya pasien Covid-19, membuat Hotel Bukik Gadang dan RSUD Sijunjung tak mampu menampung lonjakan pasien Civid-19.

“Penginapan Bukik Gadang tempat karantina pasien Covid tak mampu menampung pasien Covid dan begitu juga RSUD Sijunjung juga tak bisa menampungnya. Solusinya dikarantinakan dimasing-masing kecamatan dan nagari,”tamba Rizal lagi.

“Selama isolasi mandiri maupun di karantinakan semua pasien Covid-19 segala bentuk pembiayaan nya ditanggung Pemkab Sijunjung,”tambah Rizal.

“Kami atas nama Pemkab Sijunjung sekali lagi tak bosan-bosanya selalu mengucapkan terimakasih pada Jurnalsumbar.Com yang selalu menginformasikan perkembangan penanganan Covid-19 di Sijunjung,”imbuh Kadis Kominfo Sijunjung itu. ius