Dukung Lestarikan Budaya Adat di Muaro, Dandim 0310/SSD Dinobatkan Jadi Pembina Grup Randai

255

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak lekang kena panas dan tak lapuk karena hujan. Agakanya kalimat itu pula yang mengilhami Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi beserta jajaran Kodim 0310/SSD untuk mendukung agar budaya adat nagari dipertahankan dan dilestarikan. Tak ayal, sang perwira menengah itupun dinobatkan warga sebagai pembina grup randai. Ini ulasannya.

Bahkan, Dandim 0310/SSD menganjurkan bagi para pemuda untuk mempertahankan adat tradisional dan rajin berlatih ilmu bela diri.

“Kerena itu sangat bermanfaat bagi negri dan bangsa. Kami dengan sangat senang hati akan selalu memperhatikan dan memberikan dukungan terhadap hal-hal yang bermanfaat,”ucapDandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi, saat bertemu dengan anak nagari dan tokoh masyarakat Nagari Muaro belum lama ini.

Hebatnya lagi, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi atas nama pribadi diangkat sebagai pembina sekaligus anggota kehormatan di group Randai Bungo Setangkai, Jorong Pematang Anjuang, Kenagarian Muaro.

Dalam pertemuan itu juga dihadiri tokoh masyarakat juga menjabat sebagai ninik mamak Muaro, Erwindra, Dt Tan Bagindo, yang juga sangat mendukung apa yang di canangkan oleh Dandim.


Ketika Dandim 0310/SSD memberikan arahan pada group Bungo Setangkai (foto.ist)

“Ini adalah wujud kedekatan TNI dengan rakyat, patut kita apresiasi, apalagi kemanunggalan TNI dan rakyat ini disegala lini. Secara tidak lngsung TNI telah menerapkan “ dimana bumi di pijak di situ langit di junjung,”ucap Erwindra, Dt Tan Bagindo.

Menurut Walinagari Muaro, dalam sambutannya ketika itu, setahu dia, baru kali itulah Dandim yang langsung datang ke sasaran randai datang untuk tujuan memajukan budaya lokal.

“Nah, untuk itu pula kami sepakat berkerja sama dengan kodim untuk melastarikan budaya adat nagari,”kata Walinagari Muaro Hafizun, seperti dirilis Erwindra, Dt Tan Bagindo pada Jurnalsumbar.com.

Begitu juga Ketua pemuda Muaro, Zulkarnain alias Bang Zoel, mengaku, sangat senang dengan bersedianya Dandim menjadi salah seorang pembina group randai Bungo Setangkai.

“Alhamdallah, secara resmi tekah dinobatkan bapak Dandim menjadi pembina group Randai Bungo Setangkai Muaro dan ini telah disambut gembira oleh masyarakat yang hadir,”ucap.Zoel.

“Kalaupun bapak sudah tidak bertugas di sini lagi, tapi bapak sudah kami anggap bagian dari kami,” kata tuo-tuo atau guru silek Perguruan Bungo Setangkai kala itu. rilis/erwindra