Tingkatkan Kualitas Berbahasa, Balai Bahasa Sumbar Gelar Diskusi di Sijunjung

118

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Balai Bahasa Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung menggelar diskusi pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa pada Lembaga Pemerintah di SKB Muaro Sijunjung, berlangsung selama 2 hari, yakni 9–10 November 2020.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Diskominfo Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi, SE, Senin (9/11/2020), dengan menghadirkan narasumber Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar, Aminulatif yang diikuti peserta dari instansi.

Dalam sambutannya, Rizal mengatakan Pemerintah Kabupaten Sijunjung selalu menggunakan media luar ruang untuk penyebaran informasi kepada masyarakat, baik di dalam Kabupaten maupun masyarakat di luar Kabupaten Sijunjung.

Untuk itu ia mengucapkan terimakasih kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar beserta jajaran atas kegiatan yang diselenggarakan ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi lembaga pemerintah, dan wartawan sehingga terjadi peningkatan kualitas penggunaan bahasa khususnya di Ranah Lansek Manih ini,” ujarnya.

“Saya juga mengingatkan kepada peserta agar cerdas dalam memilah informasi untuk disebar, apalagi saat ini yang kita takutkan tentang berita bohong atau hoaks, karena jejak digital kita bisa dilacak,” sambungnya.

Ia mengimbau ASN di lingkungan pemerintah untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ini, jangan sampai melanggar tujuh larangan ASN.

Sementara itu, Aminulatif menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penggunaan dan mutu bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Penyuluhan dilaksanakan dalam bentuk diskusi terbuka untuk menambah pemahaman peserta terhadap penggunaan bahasa Indonesia, Sedangkan tujuannya untuk membina, mengawasi penggunaan bahasa pada lembaga pemerintah dan bagi yang bergerak di bidang penulisan media massa,” terangnya.

“Selain itu, Balai Bahasa Provinsi Sumbar juga rutin memberikan penghargaan kepada lembaga pemerintah kabupaten/kota dan sekolah-sekolah yang penggunaan bahasa Indonesianya cukup baik”, tutupnya.noven