Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Kota Sawahlunto Iwan Kurniawan Gelar Reses

93

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Guna menampung aspirasi masyarakat di Dapil kecamatan Barangin kota Sawahlunto, anggota DPRD Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Iwan Kurniawan menggelar kegiatan reses di Sei Durian Sabtu (20/2/2021) malam.

Anggota DPRD Iwan Kurniawan, menyatakan kegiatan reses Anggota DPRD pada masa persidangan I Tahun sidang tahun ini dilakukan melalui kegiatan pertemuan konstituen dan mengunjungi Daerah Pemilihan (Dapil) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Khusus reses kali ini sengaja saya undang dari kalangan generasi muda yakni, utusan karang taruna desa dan kelurahan se kecamatan Barangin serta pelaku atau stake holder cabang olahraga,“ kata Iwan yang juga anggota Badan Anggaran DPRD kota ini

Politik partai Demokrat ini menginginkan pokok-pokok pemikiran (Pokir) dari aspirasi yang disampaikan masyarakat bukan semata-mata peningkatan sarana fisik dan pembangunan insfratruktur baik di desa dan kelurahan.

“Sangat perlu ditiap desa dan kelurahan pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) sesuai dengan potensi yang ada disetiap daerah dan kemampuan warga,”kata Iwan

Dikesempatan itu, aspirasi disampaikan Ketua Karang Taruna kelurahan Durian II Cosmas Sarianto terkait kebutuhan becak motor (betor) dan Bank Sampah guna menunjang usaha pencacah plastik

“Kami sudah punya mesin pencacah plastik namun butuh dukungan atau bantuan agar ada betor dan bangunan bank Sampah,” pinta Cosmas

Pada reses yang dihadiri Ketua KONI Sawahlunto dan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparpora Ucak Hardian ini, tak hanya menampung aspirasi yang akan menjadi dasar pokir anggota DPRD Iwan Kurniawan, namun juga digelar diskusi tanya jawab seputar pembinaan dan pengembangan cabang olahraga.

“Sudah saatnya kota Sawahlunto memiliki Sport Center atau stadion yang representatif setidaknya, pemko memiliki arena bulu tangkis yang memiliki dua atau tiga lapangan dalam satu gedung,” pinta Rian Ketua PBSI Kota Sawahlunto.

Menanggapi hal ini, Kabid Pemuda Olahraga Disparpora Sawahlunto Ucak Hardian menyatakan bahwa upaya pemko untuk membangun stadion atau sport center terkendala masalah lahan.

“Sebagian perencanaan selalu gagal karna lahan yang diharapkan jadi tempat pembangunan terbentur masalah pembebesan lahan serta lahan yang masih dimiliki PT Bukit Asam,” kata Ucak.

Menutup k¥9egiatan Reses ini, Anggota DPRD Iwan Kurniawan berharap apa yang disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto terkait dukungan dana hibah buat kegiatan Karang Taruna di kota itu.

“Juga usulan kegiatan seni budaya yang diajukan Komunitas Melineal Cinta Budaya serta usulan Usaha Ekonomi Produktif dan pembinaan olahraga dikota serta desa dan kelurahan akan jadi masukan guna jadi dasar pokir tahun anggaran 2022 nanti,”harapnya.R.