Bupati Eka Putra: Rp183 Juta Donasi untuk Korban Banjir Bandang di Kalimantan Selatan

171

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Banjir bandang melanda Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat setempat. Untuk meringankan beban korban banjir, Pemerintah Daerah  dan Baznas Tanah Datar akan menyalurkan bantuan ke daerah itu.

Dikatakan Bupati Eka, bantuan Baznas sebesar Rp 15 juta berasal dari muzaki zakat akan disalurkan kepada mustahiq. Ke depan zakat sebaiknya disalurkan melalui amil zakat yang ada di nagari masing-masing untuk  dikumpulkan di Baznas Tanah Datar yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu atau yang layak menerima.

Saat ini, kata bupati , Jumat (5/3), melalui Kadis Sosial Yuhardi sudah terkumpul dana bantuan korban banjir Kalimatan Selatan sebesar Rp 183 juta berasal dari ASN dan donator lain.

Ke depan Bupati mengharapkan muzaki (pemberi zakat)  untuk menyalurkan zakatnya melalui amil zakat yang ada di nagari masing-masing kemudian dikumpulkan di Baznas Tanah Datar yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu.

Sementara itu , ketua Baznas Yasmansyah menjelaskan dana sebesar Rp15 juta merupakan bantuan zakat dari ASN dan donatur bakal disalurkan kepada dunsanak di Kalimantan Selatan untuk meringankan beban saudara kita, korban banjir.

Seterusnya, ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan, disamping mengumpulkan dana bantuan, Baznas juga melakukan berbagai program yang ada di Baznas Tanah Datar di antaranya bantuan biaya pendidikan, jaminan berobat bagi lansia, bantuan rehab rumah, bantuan insentif lebaran dan bantuan ekonomi produktif untuk keluarga kurang mampu – habede.