Optimalisasi SP4N LAPOR, Diskominfo Sijunjung Lakukan Sosialisasi

190

Diskominfo Sijunjung Lakukan Sosialisasi

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Guna mendukung perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Dinas Komunikasi dan Infomatika setempat terus melakukan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR.

Aplikasi itu merupakan buah kerja sama Ombudsman RI, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dan Kantor Staf Kepresidenan.

Sosialisasi itu dilaksanakan pada Jumat (19/3/2021) di UDKP Kecamatan IV Nagari, sebelumnya telah dilaksanakan juga di Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Koto VII beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan Kepala Dinas yang diwakili Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sijunjung, Puji Basuki menyebutkan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi LAPOR-SP4N kepada masyarakat yang bisa diunduh melalui telepon gengggam (android).

“Sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik,” jelasnya.

Kemudian, dikatakan Puji, SP4N-LAPOR yang dikelola itu juga dapat membantu Pemerintah Daerah mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan sampai ke tingkat Nagari tentang layanan berbasis elektronik untuk mendorong layanan prima kepada masyarakat.

Ia berharap dengan adanya aplikasi SP4N-LAPOR, pelayanan publik lebih maksimal bagi masyarakat di Ranah Lansek Manih. “Ini juga termasuk visi dan misi kepala daerah kita yang terpilih,” pungkasnya.

Sementara, Asisten III Setdakab, Edwin Suprayogi mengatakan salah satu upaya perbaikan kualitas pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sijunjung ini adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat menyampaikan Pengaduan atas pelayanan yang diberikan selama ini oleh pihak-pihak tertentu.

“Kita harapkan adanya pengaduan dari masyarakat sebagai bentuk memberikan dukungan, kritik dan solusi untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik,” ucapnya.

Narasumber pada kesempatan itu, Asisten III dr. Edwin Suprayogi, M.Kes, Kepala Bagian Organisasi, Wandri Faisal, SH, Kasi Tata Kelola TI Diskominfo, Mega Asbut, SE, M.I.Kom.

Sedangkan peserta kegiatan tersebut, yakni Wali Nagari dan Kasi Pelayanan, Ketua BPN serta Ketua Pemuda se-Kecamatan IV Nagari.dicko)