Ramler Purnabakti, Bupati Sijunjung Tunjuk Usman Gumanti Jadi Plt Kadis P & K

1115

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Terhitung pada 1 Maret 2021 resmilah sudah Ramler,SH.MM masuk purnabakti. Sejak itu pula, Ramler tak lagi menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis P & K) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, MSi, menunjuk Usman Gumanti, S.Pd, MM (Kabid SMP-red) sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kadis P dan K, sesuai dengan SK-Bupati Sijunjung, nomor ;800/194/BKPSDM-2021, tertanggal 3 Maret 2021 ditandatangani Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, MSi.

Dipilihnya Usman Gumanti menjabat sebagai Plt Kadis P dan K, karena ia dinilai mampu menjalani tugas di Dinas P dan K daerah setempat.

Siapa Usman Gumanti..? Kalau dilihat dari namanya mungkin orang menduga ia berasal dari Alahan Panjang Kabupaten Solok.

Namun tebakan itu ternyata keliru. Sosok Usman Gumanti ternyata asli kelahiran Padangsibusuk pada 25 Agustus 1973 silam. Ia anak ke-tujuh dari 10 bersaudara pasangan dari Pakieh Duama dan Ibu Saiwiyah asli keduanya Padangsibusuk.

Pendidikan dimulai di SDN 1 Padangsibusuk dan SMP N Padangsibusuk, SMAN Sawahlunto dan menempuh jenjang strata satu IKIP Padang tamat 1997.

Disaat kuliah, ia sempat mengajar di SMA Pertiwi Padang selama dua tahun. Pada tahun 1998 diangkat jadi PNS (Guru) SMP Sumpurkudus (kini SMP 15-red) hingga 2006. Agustus 2006 diangkat jadi Kepsek di sekolah yang sama hingaa Juli 2008.

Kemudian Agustus 2008 jadi Kepsek SMP 4 Sijunjung (kini SMP 13 Sijunjung-red) sampai September 2010. Di oktober 2010 dipercaya menjadi Kasi Kurikulum SLTP-SLTA hingga 2020 dan sempat Kasi Kurikulum SD. Setelah itu pada 6 Januari 2020 diangkat menjadi Kabid SMP di Dinas P dan K Sijunjung.

Kini, anak petani dari Padangsibusuk itu diamanahkan menjabat sebagai Plt Kadis P dan K menggantikan Ramler,SH.MM yang memasuki masa pensiun.

Sesuai dengan program 100 hari kerja Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-H.Iraddatillah, S.Pt, Usman Gumanti bertekad akan mensukseskannya terutama dalam pelayanan pendidikan.

Menurutnya banyak tugas yang akan dilaksanakannya sebagai pendidik, sebut saja, membenahi sektor pelayanan, mengoptimalkan potensi yang ada dan potensi personil maupun anggaran ditengah Covid-19.

Setidaknya ada sekitar Rp30 miliar anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) termasuk untuk kegiatan pisik SMP, SD dan PAUD akan dikelola dinas yang dipimpinnya.


Ramler serahkan berkas pada Plt Kadis Pendidikan Osman Gumanti

Menurut suami dari Purwanti, S.Pd dan bapak tiga anak ini, bersama jajaran Dinas P dan K, ia akan mensukses program 100 hari kerja Bupati-Wabup Benny-Radi termasuk mensukseskan visi-misi bupati dan wakil bupati.

Tertarik dengan bintang film

Menurut bapak dari, Muhammad Fadzan Mursid (Mahasiswa ITERA Lampung), Hanifah Hanum (SMA Ar-Risalah Padang) dan Abidah Hufairah (5 tahun) ini, kedua orangtuanya (alm), memberi nama Usman Gumanti karena tertarik pada bintang film Osman Gumanti yang merupakan salah seorang koreografer, penari, dan pemain film Malaysia.

Ia menghabiskan masa kecilnya di Minangkabau, sebelum merantau ke Malaysia pada tahun 1950. Osman merupakan salah seorang bintang film idola pada era 1950-an.

“Nah, dari sini pula lah orangtua saya tertarik memberi nama saya dengan nama Usman Gumanti,”kata Plt Kadis P dan K itu sambil ketawa. del